Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa PTS Diharapkan Semakin Berkualitas

Kompas.com - 14/01/2009, 23:17 WIB

SEMARANG, RABU - Dengan adanya ujian masuk bersama yang dilakukan 27 perguruan tinggi swasta se-Indonesia, mahasiswa yang terjaring masuk PTS diharapkan semakin berkualitas. Hal ini karena sistem seleksi dan tingkat kesulitan soal ujian sudah disetarakan dengan seleksi penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri.

Wakil Rektor I Bidang Akademik sekaligus Ketua Panitia Penyelenggara Lokal Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang Sumirin dan Wakil Ketua Panitia Penyelenggara Lokal Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta Nanang Suwondo mengatakan hal tersebut, seusai jumpa pers di Kota Semarang, Rabu (14/1).

"Dengan standar yang sama seperti SPMB, kami juga bisa mengukur diri agar dapat terus meningkatkan mutu," ujar Sumirin.

Selain itu, lanjut Sumirin, dengan adanya UMB-PT tersebut, PTS juga berpotensi memiliki mahasiswa dari beragam daerah karena siswa dapat mengikuti ujian dari kota asalnya.

Nanang Suwondo menambahkan, dengan soal standar internasional yang akan diujikan, mahasiswa yang tersaring merupakan pilihan. "Apalagi, ujian masuk bersama ini juga dilengkapi sistem antikecurangan," ucapnya.

Ketua panitia ujian masuk bersama PTS Regional II Eko Budiharjo mengatakan, kuota penerimaan mahasiswa PTS di regional II dalam ujian masuk bersama ini berkisar antara 50-100 persen, antara lain, Unissula Semarang menerima 60 persen dari kuota keseluruhan sebanyak 3.000 mahasiswa, Universitas Slamet Riyadi Solo menerima 1.160 mahasiswa atau 100 persen, dan UAD Yogyakarta menerima 56 persen dari kuota keseluruhan 3.200 mahasiswa.

Adapun Universitas Atma Jaya Yogyakarta menerima 50 persen dari kuota 2.200 mahasiswa dan Universitas Widya Mataram menerima 75 persen dari kuota 1.500 mahasiswa. "Sebagian PTS masih melaksanakan penerimaan dengan jalur biasa," ujar Eko.

Selain di regional II, PTS peserta seleksi ini tersebar di Medan, Lampung, Jakarta, Bandung, Malang, dan Surabaya. Ujian akan dilakukan pada 14 Februari 2009 dengan memperebutkan 28.000 kursi yang terdapat dalam 361 program studi di 27 PTS tersebut.

Menurut Bendahara II Perhimpunan SPMB Kurnia Sofyan, hasil ujian masuk bersama untuk PTS tersebut akan diumumkan pada pertengahan Maret 2009, jauh sebelum pelaksanaan SPMB yang jatuh pada tanggal 8 Juni.

"Bagi siswa yang telah mengikuti ujian masuk untuk PTS, tetap terbuka untuk mengikuti SPMB atau ujian lainnya," kata Kurnia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com