Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengamat: Krisis Gaza Segera Berakhir

Kompas.com - 17/01/2009, 17:13 WIB

 

BANDUNG, SABTU- Meski perundingan gencatan senjata masih berjalan alot saat ini, dalam waktu dekat gempuran tentara Israel ke Jalur Gaza diyakini akan segera berakhir. Setidaknya untuk sementara waktu.

"Sebab, Februari mereka (Israel) kan mengadakan Pemilu," tutur Prof Anak Agung Banyu Perwita, pengamat Ilmu Hubungan Internasional dari Universitas Khatolik Parahyangan.

Lebih lanjut ia mengatakan, motivasi Israel menyerang Hamas di Jalur Gaza tidak semata-mata untuk menghentikan serangan roket sporadis dari Hamas.

Dari sekian banyak faktor, ada tiga opsi utama yang mengemuka. "Pertama, serangan militer terbatas. Kedua, untuk menggulingkan Hamas, atau dua-duanya bermain sekaligus," ucapnya. Diakuinya, agresi militer Israel ini tidak terlepas dari persoalan politis.

Ia berpandangan, Perserikatan Bangsa-Bangsa sulit efektif mengatasi krisis di tempat ini. Konflik ini hanya bisa dilesaikan lewat forum regional, khususnya oleh Liga Arab atau Organisasi Konferensi Islam (OKI).

"Konflik di Gaza kan sebetulnya sebuah segitiga antara Israel, Iran, dan Suriah. Iran dukung Hamas, Suriah ke Hisbullah. Jadi, sebetulnya Hamas dan Hisbullah adalah proxy (aktor perantara). Mereka saling adu pengaruh, nuklir, dan sebagainya. Jadi, kalau mau beres, ya diselesaikanlah di sini ini (segitiga)," paparnya saat ditemui di sela-sela Dies Natalis Unpar ke 54.

Terkait terpilihnya Barack Obama sebagai Presiden Amerika Serikat yang disebut-sebut bakal membawa angin perubahan global, ia mengatakan, gebrakan Obama bakal menjadi hal yang ditunggu-tunggu. "Yang jadi pertanyannya, berani tidak Obama melakukan embargo senjata ke Israel? Mengikuti sanksi-sanksi lainnya misal ekonomi?" ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com