Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Politik, Belanja Iklan Koran Naik 29 Persen

Kompas.com - 20/01/2009, 12:44 WIB

JAKARTA, SELASA — Berdasar data Nielsen Media Indonesia, belanja iklan media surat kabar mengalami kenaikan paling besar sepanjang tahun 2008 hingga 29 persen. Kenaikan itu dari tahun 2007 sebesar Rp 10,66 triliun menjadi Rp 13,79 triliun.

Demikian paparan Business Development Nielsen Media Research Maika Randini kepada wartawan di Jakarta, Selasa (20/1). "Angka tersebut jauh melebihi kenaikan belanja iklan televisi yang hanya mencapai 14 persen dan majalah serta tabloid sebesar 22 persen," ujar Maika.

Dikatakan, pembelanjaan paling banyak dari total belanja iklan surat kabar adalah untuk iklan pemerintahan dan politik yakni sekitar 73 persen atau Rp 1,31 triliun. "Menyusul iklan telekomunikasi sebesar Rp 1,39 triliun atau sebesar 42 persen," jelasnya.

Sedangkan, menurut Maika, koran lokal pun mengalami kenaikan belanja iklan politik dan pemerintahan sebesar lebih dari dua kali lipat yakni 181 persen. "Ya memang karena sudah masuk tahun politik kan banyak pilkada, jadi belanja iklan koran lokal naik drastis dari Rp 64 miliar menjadi Rp 180 miliar," papar Maika.

Sementara itu, tercatat juga dalam data Nielsen, KPU juga sudah mulai beriklan di koran lokal dengan kenaikan 1.500 persen yakni dari Rp 6 miliar menjadi Rp 96 miliar.

Riset Nielsen Media Indonesia ini dilakukan dari periode Januari-Desember 2008 di 9 kota besar di Indonesia dengan memerhatikan paparan iklan pada 93 media massa cetak, 19 stasiun televisi, dan 151 majalah serta tabloid. Penghitungannya berdasarkan published rate card dan tidak memasukkan elemen diskon, promo maupun iklan baris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com