Wah, Iklan SMS Ramalan Naik Drastis 117 Persen!

Kompas.com - 20/01/2009, 12:53 WIB
Editor

JAKARTA, SELASA — Belanja iklan partyline dan horoskop di media massa naik 117 persen sepanjang 2008 dari Rp 611 miliar menjadi Rp 1,327 triliun. Dari total pembelanjaan Rp 1,3 triliun pada 2008, terbanyak dipakai untuk beriklan di media televisi sekitar Rp 1,24 triliun.

Demikian menurut Business Development Nielsen Media Research Maika Randini saat konferensi pers "Belanja Iklan Media 2008" di Jakarta, Selasa (20/1). "SMS ini menjadi produk dengan pembelanjaan terbesar sepanjang 2008 dengan kenaikan sebesar 132 persen dari tahun lalu. Iklan ini termasuk layanan hotline, party line, dan ramalan horoskop atau ramalan nasib," tutur Maika.

Dikatakan, total pembelanjaan Rp 1,3 triliun dari iklan partyline dan horoskop itu memberi kontribusi 3 persen dari keseluruhan belanja iklan di media massa.
"Media televisi yang paling banyak iklan SMS, yakni Global TV, surat kabar nasional yakni Seputar Indonesia, dan kategori majalah dan tabloid yakni Pulsa," ujarnya.

Kategori SMS, menurut Maika, sengaja dibedakan karena produknya tak merujuk pada suatu brand produk yang sudah ada. "Jadi SMS tak termasuk layanan seperti Chat and Date, SMS Selebriti, Astromob, partyline. Contohnya ketik REG spasi MAMA (Mama Laurent) dan sejenisnya," ujar Maika. "Tren belanja iklan untuk SMS ini sudah ada sejak beberapa tahun lalu, tetapi tahun 2008 sepertinya makin booming dan ternyata pendapatan dari situ lumayan besar karena mereka bisa beriklan dalam jumlah tak sedikit," jelasnya.

Riset Nielsen Media Indonesia ini dilakukan dari periode Januari-Desember 2008 di 9 kota besar di Indonesia dengan memerhatikan paparan iklan pada 93 media massa cetak, 19 stasiun televisi, dan 151 majalah serta tabloid. Perhitungannya berdasarkan published rate card dan tidak memasukkan elemen diskon, promo, maupun iklan baris.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.