Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Mahasiswa Indonesia Nomor Lima di Belanda

Kompas.com - 31/01/2009, 15:07 WIB

JAKARTA, SABTU--Jumlah mahasiswa Indonesia di Belanda menempati posisi nomor lima dari berbagai negara yang warganya mengambil studi tingkat pendidikan tinggi di negara tulip tersebut.

Menurut siaran pers dari Netherlands Education Support Office (NESO) Indonesia yang diterima di Jakarta, Jumat, posisi Indonesia sendiri untuk jumlah mahasiswa yang menempuh studi di Belanda memainkan peranan yang signifikan.

Berdasarkan data NESO, Indonesia menempati posisi ke- 5 untuk jumlah mahasiswa asing di Belanda, berada di bawah jumlah mahasiswa dari Jerman (16.750 mahasiswa), China (4.750 mahasiswa), Belgia (2.450 mahasiswa), dan Perancis (1.650 mahasiswa).

Jumlah mahasiswa Indonesia yang menempuh studi di Belanda tahun 2007/2008 adalah sebesar 1.450 orang.

Selain itu, NESO Indonesia juga mengemukakan bahwa terjadi peningkatan jumlah mahasiswa asing di Belanda seiring dengan pencanangan kampanye untuk "go international" yang digalakkan oleh beragam lembaga pendidikan tinggi yang terletak di negara tersebut.

Data NESO menyebutkan, angka peningkatan dalam kurun waktu tiga tahun terakhir mencapai 12 persen atau sebesar 53.550 orang pada tahun ajaran 2007/2008.

Sebagian besar atau sekitar 70 persen dari jumlah mahasiswa asing tersebut berasal dari negara di Benua Eropa. Namun, negara-negara dari benua Asia memberikan sumbangan yang cukup besar dalam jumlah mahasiswa asing di Belanda, yakni hampir mencapai 20 persen.

Sebaliknya, jumlah mahasiswa Belanda yang menempuh studi di luar negeri juga menunjukkan kecenderungan peningkatan sebesar sembilan  persen dalam kurun waktu tiga tahun terakhir hingga mencapai hampir 20 ribu orang.

Umumnya, Eropa (87 persen) masih menjadi tujuan utama dari mahasiswa Belanda untuk melanjutkan studinya di luar negeri.(ANT)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com