Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembebasan Lahan untuk MRT Direncanakan Selesai Tahun Ini

Kompas.com - 06/02/2009, 21:16 WIB

JAKARTA, JUMAT — Pembebasan lahan untuk proyek Mass Rapid Transit (MRT) ditargetkan selesai tahun ini. Demikian dikatakan Direktur PT MRT Eddi Santosa, di Jakarta, Jumat (6/2).

Luas lahan yang dibebaskan rencananya 1,5 hingga 2 hektar, di sekitar Terminal Lebak Bulus dan wilayah-wilayah yang telah ditetapkan sebagai lintasan kereta api dan tiang-tiang pancangnya.

“Kan mulainya, deponya dari situ. Jadi tidak terlalu banyak tanah yang dibebaskan dan tanah lainnya di tengah jalan, jadi tidak terlalu rumit,” ujar Eddi ketika ditemui di kantornya, Wisma  Nusantara, Jalan MH Thamrin.

Tanah milik yang dibebaskan saat ini dimiliki 85 KK dan rata-rata memiliki bukti kepemilikan tanah dan bangunan. Namun, masih ada yang tidak mempunyai bukti kepemilikan tanah dan bangunan.

Tahun 2008, total dana pembebasan mencapai Rp 62 miliar. Karena terbatasnya waktu pelaksanaan tahun anggaran, sebagian dana tidak terserap sehingga dialihkan pada tahun berikutnya sebanyak Rp 90 miliar.

“Sebenarnya perihal pembebasan lahan ditangani oleh pemprov. Kami melakukan surveinya,” katanya.

Bila sesuai jadwal, Eddi meyakini, sebelum akhir tahun, pembebasan lahan bisa diselesaikan dengan baik sehingga pada 2010, saat melakukan tender pengerjaan proyek, perihal lahan tidak ada kendala.

MRT akan dibangun dari Lebak Bulus hingga Patung Api Senayan sehingga akan ada terowongan dengan kedalaman 15 meter yang terbentang sejauh 3,8 kilometer dari Ratu Plaza hingga Dukuh Atas. Mengenai jaringan utilitas yang akan terganggu, pihaknya akan meneliti lebih lanjut pada tahap basic design di bulan Maret 2009 hingga 14 bulan ke depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com