Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peneliti Nanoteknologi LIPI Terima Penghargaan Toray

Kompas.com - 12/02/2009, 20:02 WIB

JAKARTA, KAMIS - Nurul Taufiqu Rochman dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia terpilih untuk menerima Penghargaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dari Indonesia Toray Science Foundation (ITSF). Penelitian Taufiqu Rochman bertajuk Pengembangan Nanomaterial Berbasis Sumber Daya Lokal dengan Menggunakan Teknologi Miling baru. Dia mendapatkan dana Rp 75 juta untuk menggarap lebih lanjut penelitiannya.

Dalam kesempatan yang sama, dua puluh peneliti lainnya menerima hibah penelitian ilmu pengetahuan dan teknologi dari Indonesia Toray Science Foundation untuk melanjutkan penelitian mereka. Selain itu, sebanyak sepuluh guru sains sekolah menengah atas mendapatkan Penghargaan Pendidikan Sains.

Untuk hibah penelitian, tahun ini komite seleksi menerima 141 usulan penelitian dari perguruan tinggi dan pusat-pusat penelitian. Ketua Komite Seleksi penghargaan dan hibah tersebut, Suwarto Martosudirjo mengatakan, mutu usulan penelitian cukup baik dengan topik bervariasi mulai dari bidang medis, pengolahan limbah, fisika material, biologi material, teknologi sensor aroma, nutrigenomika, pertanian, hingga kimia polimer. Dua puluh peneliti masing-masing mendapatkan dana kisaran Rp 32 juta - Rp 40 juta, tergantung penelitiannya. Total dana hibah untuk para peneliti tersebut Rp 704 juta.

Untuk penghargaan ilmu dan teknologi, Indonesia Toray Science Foundation (ITSF) menerima usulan dari 22 orang diusulkan instansinya masing-masing. Sedangkan, penghargaan guru-guru ilmu pengetahuan alam terdapat 115 calon penerima.

Deputi Bidang Program Riset Ilmu Pengetahuan dan teknologi, Teguh Rahardjo yang mewakili Menteri Negara Riset dan Teknologi mengatakan, pemerintah di tengah berbagai tantangan dalam negeri dan global memfokuskan diri kepada enam area penelitian yakni teknologi ketahanan pangan dan pertanian; energi alternatif dan terbarukan; teknologi transportasi; teknologi informasi dan komunikasi; teknologi kesehatan dan pertahanan. Terdapat insentif-insentif pendanaan penelitian. Para peneliti diharapkan tertari k pada bidang-bidang itu dan memberikan pemikirannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com