Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjadi Mahasiswa Internasional di Kanada

Kompas.com - 20/02/2009, 01:36 WIB

Ingin melanjutkan kuliah di luar negeri, tapi suasana internasionalnya kerasa? Kanada mungkin bisa jadi pilihan. Kebeneran, di Jakarta mau ada Pameran Pendidikan Kanada, mulai besok, Sabtu (21/2) dan 22 Februari.

Negeri tetangga Paman Sam ini multikultural dengan bahasa resmi Inggris dan Perancis. Kita jadi enggak merasa asing karena banyak imigran yang datang dan hidup di negeri ini.

Perguruan tinggi di Kanada banyak yang masuk peringkat 100 dan 200 top dunia. Selain itu, negara ini lumayan aman dan nyaman untuk hidup. Jangan tanya soal pemandangan alamnya, relatif indah seperti Rocky Mountains dan Taman Nasional Banff di Provinsi Alberta, ini surga untuk main ski, berkuda, hiking, dan berperahu.

Dari kunjungan MuDA ke sejumlah perguruan tinggi di bagian barat Kanada, semua universitas atau college-nya punya mahasiswa internasional. Di satu universitas saja bisa lebih dari 1.000 orang. Kebanyakan mereka dari China, Jepang, Korea, Taiwan, Vietnam, dan India. Ada lagi mahasiswa yang dari Rusia, Timur Tengah, Afrika, Eropa, dan AS.

”Mau kuliah di sini enggak sulit asal kita bisa penuhi persyaratannya. Dosennya juga asyik. Tapi, kalau urusan tugas, kita enggak boleh sembarangan mengutip data atau pernyataan tanpa nyebutin sumbernya. Dosen di sini tegas banget buat soal itu,” ujar Riski Adianto, mahasiswa Universitas Alberta di Kota Edmonton.

Untuk mahasiswa internasional, setiap perguruan tinggi punya pelayanan yang bisa dibilang memadai. Kamu bakal dibantu banget, mulai dari registrasi, penjemputan di bandara, hingga urusan tempat tinggal.

Pada awal kuliah, ada orientasi buat mahasiswa internasional untuk bisa sukses belajar dan beradaptasi selama hidup di Kanada. Staf-staf di divisi program internasional bakal membantu dari soal akademik, ngatasin culture shock, sampai gimana biar kita bisa berbaur.

Biaya kuliah di Kanada berkisar 7.100-13.000 dollar Kanada per tahun. Untuk biaya tempat tinggal bisa 250-800 dollar per bulan, tergantung kamar yang dipilih. Adapun biaya hidup bisa mencapai lebih dari 1.500 dollar per bulan.

Soalnya, tiap kali belanja di Kanada pasti ada pajaknya. Besar pajak itu tergantung di provinsi mana kamu tinggal, ada yang lima persen, tetapi ada yang lebih dari 10 persen. Hiks-hiks...

Boleh kerja

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com