Pertumbuhan Iklan Online Bakal Naik 300 Persen

Kompas.com - 28/02/2009, 15:47 WIB
Editor

JAKARTA, SABTU — Pertumbuhan porsi iklan di media online tahun 2009 ini diperkirakan akan mencapai 300 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini disampaikan CEO Virtual Media Nusantara Nukman Luthfie di sela acara Fesival Enterpreneur Indonesia, di Gedung BPPT, Jakarta, Sabtu (28/2).

"Iklan online tahun ini tumbuh sekitar 300 persen," kata Nukman.

Bila dibandingkan tahun 2008 sebelumnya, porsi iklan online hanya tumbuh sekitar 40 persen dibandingkan tahun 2007. Total iklan tahun 2008 mencapai Rp 80 miliar.

"Namun, saat ini memang belum ada lembaga riset yang mengeluarkan tentang iklan online karena masih sulit. Bahkan AC Nielsen juga tidak mengeluarkan. Tapi diperkirakan naik 300 persen," ujarnya.

Menurutnya, pertumbuhan iklan di tahun ini akan meningkat tajam karena konsumsi pengguna media online semakin meningkat. Selain itu, Nukman menilai ajang pesta demokrasi Pemilu 2009 ini juga akan memicu pertumbuhan iklan online.

"Partai yang biasanya tidak pernah kampanye tahun ini mulai kampanye ke online juga," tutur Nukman.

Di samping itu, Nukman menyebut, saat ini sejumlah perusahaan mulai memasukkan daftar media online dalam media plan perusahaan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.