Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AIG Belum Beres, Giliran Fannie Mae yang Bakal Bagi Bonus

Kompas.com - 20/03/2009, 07:46 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com -  Belum lagi masalah bonus American International Group (AIG) kelar, kini, ada giliran Fannie Mae yang membuat gerah petinggi Washington. Pasalnya, Fannie Mae berencana membagikan bonus senilai 1 juta dollar AS kepada empat eksekutif utama di perusahaan tersebut. Fannie berdalih, hal ini dilakukan untuk menahan perpindahan ratusan karyawannya ke perusahaan lain.

Dalam keterbukaan informasi kepada Securities and Exchange Commission AS, Fannie Mae mengumumkan garis besar rencana pembagian bonus kepada para eksekutifnya. Perusahaan memang hanya diwajibkan untuk mengumumkan pembayaran bonus eksekutif yang nilainya mencapai 470.000 dollar AS dari gaji dasar mereka.

Jumlah bonus tersebut nilainya dua kali lipat dibanding tahun lalu yang berkisar 200.000 dollar AS hingga 260.000 dollar AS.

Dijelaskan lebih jauh, rival Fannie, yaitu Freddie Mac juga berencana melakukan pembagian bonus serupa. Namun hingga kini belum dilaporkan eksekutif mana saja yang akan menerima bonus tersebut.

Sekadar mengingatkan, kedua perusahaan belakangan memang sudah mengajukan bantuan dana bail out dari pemerintah Amerika Serikat (AS). Fannie memohon bantuan dana sebesar 15 miliar dollar AS, sementara Freddie memohon bantuan dana sebesar 45 miliar dollar AS.

Sayangnya, Juru Bicara Fannie menolak memberikan komentar lebih jauh mengenai hal ini. “Mempertahankan aset-aset perusahaan, salah satunya karyawan, sangat penting karena mereka-mereka inilah yang nantinya akan berperan dalam perbaikan perekonomian,” jelas James Lockhart, Direktur Fannie.

Dia menambahkan, sebelumnya, beberapa pimpinan manajemen senior sudah mengundurkan diri. “Jika karyawan berpengalaman yang ada saat ini juga pergi, hal ini akan menimbulkan kekacauan pada perusahaan,” tambahnya. (Barratut Taqiyyah/Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com