Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna Internet Indonesia Didominasi Remaja

Kompas.com - 20/03/2009, 20:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengguna internet di Indonesia ternyata sebagian besar cenderung berusia muda. Hasil penelitian Yahoo dan Taylor Nelson Sofres (TNS ) Indonesia menunjukkan pengakses terbesar di Indonesia adalah mereka yang berusia antara 15-19 tahun. 

"Dari 2.000 responden yang mengikuti survei ini, didapat hasil sebanyak 64 persen adalah anak muda," kata Sures Subramanian Deputy Manager Director TNS, dalam acara pemaparan hasil suvei yang dilakukan Yahoo dan TNS, di Jakarta (20/3). 

Sementara pada peringkat dua ditempati oleh pengguna berusia 20-24 tahun dengan prosentase 42 persen dan urutan terakhir ditempati usia 45-50 tahun. Tidak hanya itu, masih dari hasil penelitian yang sama, 53 persen dari anak usia 15-19 tersebut ternyata menggunakan mengakses internet dari warnet. 

"Itu disebabkan oleh mereka mempunyai waktu luang yang lebih banyak dibanding para pekerja. Dan warnet menjadi pilihan karena belum banyak masyarakat yang mempunyai internet di rumah," kata Sures. 

Yang menarik adalah handphone ataupun PDA manjadi sumber akses internet terbesar kedua setelah warnet bagi anak usia 15-19 tahun yakni sebesar 19 persen, sedangkan mengakses di rumah hanya sebesar 13 persen. Mengakses internet di sekolah sebesar 10 persen dan sisanya adalah mengakses menggunakan WiFi dari laptop. 

Sementara itu, secara keseluruhan masyarakat Indonesia masih mengandalkan akses internet melalui warnet. "Sebesar 83 persen mereka mengakses melalui warung internet, " kata Sures. 

Lalu, sebanyak 22 persen masyarakat Indonesia menggunakan internet melalui handphone atau PDA dan baru 19 persen mengakses internet dari kantor. Sedangkan yang mengakses internet dari rumah hanya sebesar 16 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com