Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LIPI Pamerkan Hasil Penelitian Antisipasi Perubahan Iklim

Kompas.com - 24/03/2009, 00:35 WIB

BOGOR, KOMPAS.com - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) memamerkan hasil penelitiannya mengenai antisipasi perubahan iklim global dan kepunahan aneka ragam hayati di Cibinong Science Center Bogor, 23 sampai 24 Maret ini.

"Hasil penelitian LIPI selama 2005 hingga 2009 itu dipamerkan untuk menarik sektor industri yang berminat mengembangkannya," kata Kepala LIPI, Prof Dr Umar Anggara Jenie, saat membuka ekspose tersebut di Bogor, Senin.

Di samping itu, lanjut dia, kegiatan semacam ini diharapkan bisa lebih memajukan P2 Biologi LIPI terutama untuk lebih fokus ke penelitian terkait pemanasan global dan kehilangan keanekaragaman hayati.

Sementara itu, Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI, Prof Dr Endang Sukara mengatakan, Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki kekayaan sumberdaya alam sekaligus sebagai salah satu negara dengan tingkat kerusakan alam paling tinggi dan memberikan kontribusi terhadap perubahan iklim global.

P2 Biologi LIPI memiliki komitmen untuk melakukan penelitian mitigasi dan adaptasi untuk tujuan pemanfaatan keanekaragaman hayati secara berkelanjutan.

"Penelitian mengenai keanekaragaman hayati ditujukan pada empat tingkatan komponen biologi yang merupakan kompetensi P2 Biologi LIPI, yaitu penelitian tingkat molekuler, spesies, komunitas dan ekosistem," katanya.

Kepala P2 Biologi LIPI, Dr Siti Nuramaliati Prijono mengatakan, kegiatan ekspose hasil penelitian tersebut dimaksudkan untuk menyamakan persepsi dan pemahaman tentang efek perubahan iklim global terhadap ancaman kehilangan keanekaragaman hayati dan upaya pencegahannya.

"Hasil-hasil dalam kegiatan penelitian selama kurun waktu 2005-2009 difokuskan dengan mempertimbangkan isu global terutama yang berkenaan dengan masalah kualitas lingkungan hidup, pangan dan kesehatan serta kebutuhan energi," katanya.

Sedangkan pada penelitian dasar adalah tentang struktur dan fungsi gen, penemuan protein baru dan rekayasa genetik, tambahnya.

"Keberhasilan penelitian yang dilakukan P2 Biologi tidak terlepas dari dukungan infrastruktur yang cukup memadai hasil kerjasama antara LIPI dengan Global Environment Facilities (GEF) dan Japan International Cooperation Agencies (JICA) untuk pengembangan fasilitas penelitian di Cibinong Science Center," kata Siti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com