Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelukis Indonesia Ellawijt Pameran Tunggal di Chicago

Kompas.com - 06/04/2009, 20:06 WIB

 

 

JAKARTA, KOMPAS.com- Perempuan pelukis asal Indonesia yang masih remaja, Ellawijt (19), menggelar pameran tunggal bertajuk "My Strawberrys Little Show" di Wishbone Café Gallery, Chicago, Amerika Serikat. Ada 20 lukisan terbaru yang dipamerkan dari tanggal 7-30 April tersebut.

"Pameran digelar atas permintaan pihak Friends of Arts, setelah menilai foto-foto lukisan Ella, yang menurut mereka memiliki karakter kuat, orisinal, dan khas. Friends of Arts adalah sebuah organisasi seniman lokal yang kerap bekerjasama dengan banyak pusat seni dan galeri," kata Ellawijt via email, Senin (6/4).

Ellawijt yang kini menikmati beasiswa di School of the Art Institute itu memamerkan lukisan Brand New Day bergambar Presiden Barack Obama, yang tersusun dari strawberry. "Di mataku dia itu punya kharisma sebagai satu-satunya presiden AS berkulit hitam dan aku sedang hidup di era dia memerintah sebagai orang nomor satu di AS," ujarnya tentang ide lukisan Obama yang lagi tersenyum, seperti ekspresi khasnya ketika disambut publik di muka umum.

Ada lukisan menarik lainnya, yang menggambarkan 19 bentuk ekspresi Ella terhadap strawberry, seperti strawberry yang tengah Relax with the Bubbles, strawberry yang terbang bebas di awan, yang terjun bebas ke dalam air. Bahkan, ekspresi strawberry yang baru saja merasakan; inikah rasanya digigit oleh gigi manusia?

Ella menjelaskan, lukisan Obama yang berjudul Brand New Day itu merupakan satu dari beberapa lukisan tokoh strawberry lain yang ditampilkan pada pameran, seperti Mahatma Gandhi dan Mother Theresa. Ide ini muncul setelah Ella menonton Slumdoq Millionaire.

Sebelum pameran tunggal di Chicago, Ella bersama perempuan pelukis Indonesia terkemuka lainnya, seperti Kartika Affandi, Maria Tjui, H Hardi, dan Gande, Juli 2008, pameran di Taiwan, memenuhi undangan dari Dr Sun Yat Sen Foundation. Usai pameran di Taiwan, Ella langsung ke Chicago, untuk mengambil tawaran beasiswa kuliah di School of the Arts Institute of Chicago.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com