Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hanya 20 Persen Mahasiswa UT yang Belajar "Online"

Kompas.com - 14/04/2009, 08:30 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Hal tersebut dikatakan oleh M. Atwi Suparman, Rektor UT, di sela-sela peresmian gedung di lingkungan UT di Tangerang, kemarin (Senin/13/4).

Atwi mengatakan, sebagai institusi penyelenggara pendidikan jarak jauh, kuliah dengan berbasis pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di UT sebenarnya sudah siap. Pendidikan berbasis TIK juga sangat efektif untuk UT yang mahasiswanya tersebar.

”Yang belum siap justru mahasiswanya karena mereka tidak punya akses yang bagus terhadap internet,” kata Atwi.

Padahal, kata Atwi, fasilitas layanan kuliah lewat internet sudah disediakan. Namun, pemanfaatan layanan e-book store, yang memungkinkan mahasiswa memesan sumber belajar secara online, rendah. Mereka lebih suka ada toko buku konvensional. Layanan ujian online pun tidak dimanfaatkan dengan baik oleh mahasiswa UT yang 98 persen mahasiswanya berstatus sebagai pekerja atau karyawan.

Terutama guru

Tian Belawati, Pembantu Rektor I UT, menjelaskan, dari sekitar 530.000 mahasiswa UT yang tersebar di seluruh Tanah Air, baru 6.000 mahasiswa yang tercatat memanfaatkan tutorial online.

”Mahasiswa UT masih belum maksimal memanfaatkan internet sebagai media belajar, seperti tutorial online. Yang rendah itu terutama dari kalangan mahasiswa yang bekerja sebagai guru,” kata Tian.

Untuk memacu penggunaan internet di kalangan mahasiswa, UT memberikan poin tambahan untuk mahasiswa tingkat akhir yang melakukan bimbingan online dalam pembuatan tugas akhir program. Pada tahun 2020, ditargetkan sudah 35 persen mahasiswa UT yang memanfaatkan internet sebagai media belajar.

Menteri Pendidikan Nasional Bambang Sudibyo yang meresmikan pembangunan fisik di UT mengatakan, UT termasuk perguruan tinggi yang membuka akses yang paling luas kepada masyarakat. Karena itu, peningkatan mutu mutlak diberikan dalam pembelajaran bagi mahasiswa.

”Pemanfaatan TIK harus terus dikembangkan,” ujarnya.

Menteri juga meminta agar sumber belajar dan dosen yang bermutu diperkuat.

”Dengan demikian, kualitas UT tidak kalah dengan mahasiswa perguruan tinggi yang menyelenggarakan perkuliahan secara tatap muka,” ujar Bambang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com