Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal UN Sudah Dikirim ke Sekolah, Rawan Kebocoran

Kompas.com - 18/04/2009, 16:54 WIB

ENDE, KOMPAS.com- Soal-soal ujian nasional untuk SMA dan SMK untuk wilayah Kabupaten Ende

di Flores, Nusa Tenggara Timur, telah didistribusikan ke sekolah-sekolah pada hari ini, Sabtu (18/4) atau H-2 sebelum pelaksanaan UN. Hal itu relatif rawan terjadi penyimpangan di tingkat sekolah, antara lain kebocoran soal, karena jeda waktu penyimpanan yang terlalu lama di sekolah.  

Kepala Seksi Kurikulum SMA pada Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Ende Philipus Lama ketika dikonfirmasi menjelaskan, pendistribusian soal-soal UN pada H-2 itu sudah biasa dilakukan sebagaimana pelaksanaan tahun lalu.

"Untuk pengamanannya, pengiriman soal mendapat pengawalan dari polisi. Begitu pula pihak sekolah masing-masing berkewajiban menjaga secara ketat penyimpanan soal-soal tersebut, dan pihak kepolisian juga melakukan patroli rutin ke sekolah-sekolah," kata Philipus Lama, Sabtu, di Ende. 

Menurut Philipus, pendistribusian soal H-2 itu dimaksudkan untuk mengantisipasi sekolah-sekolah yang jaraknya jauh dari kota Ende atau di daerah terpencil. 

Kepala Kepolisian Resor Ende Ajun Komisaris Besar Bambang Sugiarto menyatakan, pihaknya sudah diminta untuk mengawal pendistribusian soal ke sekolah-sekolah. "Sesudah soal-soal UN didrop, kami pun akan melakukan patroli di kawasan kota Ende, sedangkan di kecamatan-kecamatan patroli dilakukan oleh jajaran polsek," kata Bambang.

UN SMA akan dilaksana kan 20-24 April, sedangkan SMK pada 20-22 April. Untuk SMA, mata pelajaran yang diujikan ada enam, sedangkan SMK tiga mata pelajaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com