Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mereka Anak Cerdas dari Biak

Kompas.com - 23/04/2009, 07:56 WIB

BIAK, KOMPAS.com - Sebelas siswa SD, SMP, dan SMA di Kabupaten Biak Numfor, sejak Oktober 2008 mengikuti pengemblengan program pendidikan matrikulasi pakar Matematika Prof Yohanes Surya di Karawachi Tanggerang, Banten.
     
Penanggung jawab Olimpiade Sains Dinas Pendidikan Biak, Komaruddin S.Pd di Biak, Kamis, mengakui, 11 siswa asli Biak yang dibina Prof Yohanes Surya akan disertakan sebagai peserta lomba Olimpiade Sains tingkat provinsi Papua.
     
"Sebelas siswa yang digembleng Prof Surya di Tanggerang itu akan menjadi duta Olimpiade Sains mewakili Biak," tutur Komaruddin.
     
Ia menyebutkan, 11 siswa yang dibiayai pemerintah kabupaten Biak tersebut terdiri atas satu siswa SD Negeri 2, Ridge Inggrid Rumbiak, kemudian Insorakis Rahmawati Swabra (SMP 1), Rose Mirino (SMA 1),  serta Febri Rumere (SMA1) untuk mata pelajaran Kimia.
     
Sedangkan tujuh siswa asli Biak asal SMA 1 lainnya,  menurut Komaruddin, yang merupakan siswa terbaik sejak Januari 2009 diberikan bantuan pembiayaan dari Dinas Pendidikan untuk mengikuti program pengembelengan Prof Surya.
     
"Untuk 7 siswa SMA 1 Biak saat ini sedang mengikuti ujian nasional. Jika mereka lulus akan disiapkan menempuh pendidikan tinggi dalam dan luar negeri," kata Komaruddin menambahkan.
     
Dia berharap, para siswa yang digembleng Pakar Matematika Prof Yohanes Surya itu dapat berdampak bagi peningkatan mutu kualitas pendidikan di daerah ini.
     
"Pemkab Biak melalui Dinas Pendidikan sangat serius meningkatkan mutu kualitas pendidikan, sehingga berdampak juga pada sumber daya manusia Papua ke depan," ujarnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com