Ibu yang Sedang Menyusui Pun Butuh Susu!

Kompas.com - 24/04/2009, 16:02 WIB
Editor

KOMPAS.com - Ada berbagai faktor yang bisa memengaruhi masa perkembangan awal otak, antara lain; kasih sayang, nutrisi, gen, stimulasi, feedback, tantangan, dan seni. Pertumbuhan otak sendiri dimulai sejak masa pra-natal (sebelum dilahirkan), sejak trimester pertama, lalu berlanjut hingga masa pasca-natal (setelah dilahirkan).

Nutrisi yang bisa didapatkan bayi dari ASI, khususnya ketika ia mendapatkan ASI dari IMD (Inisiasi Menyusu Dini) bisa membantunya berkembang secara optimal. ASI merupakan makanan tunggal dan terbaik yang bisa memenuhi semua kebutuhan tumbuh kembang bayi. Apalagi ketika ia diberikan ASI eksklusif selama 6 bulan. ASI mengandung banyak kandungan gizi dan nutrisi yang penting untuk kesehatan dan kecerdasan si buah hati.

ASI sendiri memiliki berbagai macam kandungan yang bervariasi di tiap ibu, tergantung menu makanan si ibu, tingkat nutrisi si ibu, dan saat diberikannya ASI kepada bayi. Diterangkan oleh Dr. Jeanne Ross Tikoalu SpA jumlah produksi susu ASI ibu bergantung kepada jumlah frekuensi menyusui bayi. Semakin banyak ibu menyusui si bayi, makin banyak pula produksi ASI si ibu yang dihasilkan. Ini merupakan rantai yang berlangsung alamiah di dalam tubuh si ibu, ketika ASI yang ada di dalam payudara ibu sudah berkurang, secara otomatis akan mengirim sinyal ke otak untuk memproduksi lebih banyak. Di samping itu, jumlah asupan cairan si ibu pun turut menentukan volume ASI si ibu.

Di saat menyusui, si ibu pun perlu asupan nutrisi yang cukup dan berkualitas. Terkadang, saking fokusnya untuk memberikan yang terbaik untuk si bayi, orangtua cenderung berkonsentrasi terhadap jumlah, padahal kualitas pun penting. Ibu yang kekurangan gizi tidak bisa memberikan ASI dengan kualitas terbaik. Maka, demi si anak, penting untuk ibu memerhatikan gizinya dan apa yang ia makan.

Adapun nutrisi yang diperlukan oleh seorang ibu yang sedang menyusui adalah kalsium, zinc, magnesium, vitamin B6, dan folat. Kandungan ini penting untuk perkembangan si bayi, juga sebagai zat yang membantu pemulihan si ibu setelah melahirkan. Nutrisi-nutrisi ini bisa didapatkan dari asupan makanan padat sehari-hari, juga dibantu dengan bantuan mikronutrisi yang bisa juga didapat dalam bentuk susu khusus ibu yang sedang menyusui.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.