Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Antusias Daftar di Sekolah Internasional

Kompas.com - 24/04/2009, 16:25 WIB

 

Wates, Kompas - Pendaftaran siswa baru di SDN Wates IV yang kini berstatus rintisan sekolah berstandar internasional disambut warga dengan antusias. Selama tiga hari masa pendaftaran, mulai Selasa hingga Kamis (23/4), lebih dari 80 calon siswa telah terdaftar.

Jumlah ini melampaui kuota daya tampung siswa baru kelas I SDN Wates IV, yakni sekitar 56 anak. Kuota itu akan dibagi ke dalam dua kelas paralel. Dengan demikian, satu kelas akan berisi 28 siswa sesuai standar yang berlaku.

Kepala SDN Wates IV Siti Hibanah mengaku sempat pesimistis jumlah pendaftaran calon siswa baru tidak memenuhi kuota. Sebab, calon siswa di SD berstatus RSBI diwajibkan menjalani sejumlah tes kompetensi dalam bahasa Inggris, komputer, psikologi, dan wawancara sebelum dinyatakan diterima.

"Kami sempat menerima keluhan dari orangtua calon siswa yang justru khawatir pendidikan di SDN Wates IV akan membebani anak-anak mereka. Namun, kami meyakinkan mereka bahwa sebenarnya prinsip kurikulum yang kami terapkan tetap sama seperti di SD-SD lain, namun diperkaya dengan bahasa Inggris," kata Siti.

Tingginya jumlah pendaftar, lanjut Siti, juga bisa ditafsir sebagai meningkatnya kepercayaan warga akan kualitas pendidikan di Kulon Progo. Sebab, banyak warga Kulon Progo yang memilih menyekolahkan anak di kabupaten/kota lain demi meraih kualitas pendidikan yang lebih baik.

Karena sifatnya baru rintisan, metode pengajaran di SDN Wates IV belum sepenuhnya menggunakan dua bahasa (bilingual). Bahasa Inggris tetap digunakan, namun dengan mempertimbangkan kemampuan dan daya tangkap siswa. Jumlah tenaga pengajar yang mampu berbahasa Inggris juga masih terbatas sehingga baik guru dan siswa akan terus diadaptasikan dengan bahasa Inggris hingga SDN Wates IV berstatus internasional, sekitar enam tahun lagi. (YOP)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com