Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ke Luar Negeri, Jangan Beli Kucing Dalam Karung!

Kompas.com - 27/04/2009, 12:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Memilih tempat studi mestinya tidak seperti membeli kucing dalam karung, bahkan untuk Anda yang memilih jalur studi ke luar negeri. Mulai dari internet, kedutaan besar, atau agensi-agensi pendidikan bisa menjadi jendela informasi Anda mengejar tujuan tersebut. 

Teknologi internet, misalnya, saat ini akan semakin memudahkan Anda menentukan banyak pilihan melalui informasi studi, mulai tingkat course, college sampai university. Di internet, hampir rata-rata negara di luar negeri aktif menawarkan sekolah-sekolahnya sebagai tujuan studi, baik itu sekolah negeri atau swasta.

Sampai saat ini, Jerman dan Jepang termasuk dua negara paling aktif menawarkan negaranya sebagai tujuan studi bagi para "mahasiswa internasional" di seluruh dunia. Untuk itu, selain mencari kemudahan informasi di internet, kedutaan besar pun bisa Anda jadikan sasaran langsung berbelanja informasi detail mengenai tujuan Anda.

Selain kedutaan, banyak negara juga menawarkan sekolah-sekolah di negaranya melalui agensi pemasaran (school agency) di Indonesia. Anda bisa datangi langsung atau di pameran-pameran pendidikan internasional.

Biasanya, pameran pendidikan kerap digelar sebelum atau sesudah Ujian Nasional (UN) dilaksanakan. Keuntungan mendatangi pameran ini, Anda akan bertemu langsung dengan para agensi sekolah yang menyediakan jasa bersekolah di luar negeri. Selain bisa memperoleh data dan informasi lebih valid seputar tujuan studi, tak jarang Anda pun bisa menghemat potongan biaya pendaftaran secara langsung di tempat pameran.

Konsultasi studi di tempat pameran pun biasanya gratis. Hal ini penting, setidaknya bisa digunakan sebagai bahan pertimbangan memilih rencana studi jika Anda masih memiliki beberapa pilihan studi.

Namun jika pilihan sudah dirasakan mantap, kebutuhan konsultasi bisa Anda arahkan untuk memperoleh informasi semisal soal kurikulum, kemungkinan beasiswa, fasilitas pendidikan, dan kebijakan negara terkait soal kesempatan kuliah sambil kerja. 

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang penting Anda kuasai. Namun jika Anda memilih sekolah khusus bahasa, Anda perlu persiapan khusus berupa kemampuan dasar berbahasa terkait. Di Jerman atau Jepang, misalnya, Anda harus memiliki kemampuan bahasa hingga level tertentu sebagai syarat mutlaknya.

Ingat, Anda harus bijak memilah dan memilih sekolah terbaik buat masa depan Anda. Lihat dulu konsep sekolah tersebut dan sesuaikan dengan minat dan bakat. Kelak, dari situ Anda akan merasakan tujuan sebenarnya memilih sekolah bukan semata sekolah bagus, melainkan sekolah yang tepat buat kehidupan di masa depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com