Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UN di Lebak Dijamin Tak Bocor

Kompas.com - 28/04/2009, 00:25 WIB

LEBAK, KOMPAS.com - Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Lebak menjamin tidak akan ada kebocoran soal ujian nasional (UN) tingkat SMP/MTs karena mendapat penjagaan ketat dari aparat polisi dan tim pemantau independen.
    
Kepala Bidang Pendidikan Menengah, Dinas Pendidikan Kabupaten Lebak Asep Komar, Senin (27/4), mengatakan, pihaknya menjamin pelaksanaan UN tahun 2008-2009 berjalan lancar dan tertib dan tidak ada kebocoran soal ujian.
     
Peserta UN tahun ajaran 2008-2009 di Kabupaten Lebak tercatat 17.257 siswa di antaranya SMP 13.011 siswa dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) sebanyak 4.246 siswa. "Sampai saat ini pelaksanaan UN berlangsung lancar dan siswa merasa tenang dalam menjawab lembaran soal ujian," katanya.
    
Menurut dia, pelaksanaan UN dijamin tidak ada kebocoran karena pihaknya telah melakukan pengamanan soal ujian secara ketat, baik saat distribusi maupun saat pelaksanaan ujian berlangsung.
    
Bahkan, pengawasan ujian di ruangan kelas juga diterapkan sistem silang dengan guru sekolah lain sehingga siswa sulit untuk melakukan kecurangan atau kebocoran UN. Selain itu, juga mendapat pengamanan dari polisi dan pemantau independen. Pelaksanaan UN tingkat SMP/Mts di Lebak juga melibatkan pengawas dari Perguruan Tinggi swasta (PTS).
    
Dia menyebutkan, untuk  UN tahun ini pihaknya menargetkan tingkat kelulusan sebesar 99,00 persen atau di atas tahun 2008 yakni 96,37 persen. "Saya optimistis kelulusan sebesar itu bisa tercapai karena kami telah mengoptimalkan bimbingan belajar juga mengadakan ujian ’tryout’ soal-soal mata pelajaran," katanya.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com