Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PTN Cuma Tampung 8.436 Mahasiswa

Kompas.com - 29/04/2009, 09:11 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Perhimpunan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Nusantara (PSPMBN) tahun 2009 ini akan menggelar Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri (UMB PTN) yang mampu menampung 8.436 mahasiswa untuk 291 program studi.


Ketua Koordinator UMB PTN, Sutjipto, di kantor PSPMBN di Salemba, Jakarta Pusat, Selasa (28/4) mengatakan, sebanyak tujuh PTN tergabung dalam UMB. Pendaftaran UMB dibuka 27 April hingga 26 Mei melalui website www.spmb.or.id dan pelaksanaan tesnya 6 hingga 7 Juni 2009.

Tujuh PTN yang tergabung dalam UMB adalah Universitas Indonesia (UI), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta, UIN Makassar, Universitas Syiah Kuala (Aceh), Universitas Jambi, dan Universitas Sumatera Utara.

Sutjipto mengatakan, dibanding tahun 2008, PTN yang bergabung dengan PSPMBN bertambah tiga dan berkurang satu. PTN yang baru bergabung dengan UMB adalah Universitas Siah Kuala, UIN Makassar, dan Universitas Jambi. Sedangkan PTN yang mengundurkan diri dari UMB adalah Universitas Hasanuddin.

Namun, daya tampung yang disediakan UMB tahun 2009 ini turun dibandingkan tahun 2008, yakni dari 10.672 mahasiswa menjadi 8.436 mahasiswa. Penurunan daya tampung ini disebabkan PTN peserta UMB PTN juga menggelar ujian mandiri. Misalnya, UI dan UNJ juga menyeleksi mahasiswa baru lewat ujian mandiri yang mampu menerima 50 persen dari total mahasiswa baru. Sedangkan melalui UMB, PTN tersebut hanya menyediakan kursi mahasiswa baru sekitar 10-15 persen.

UMB PTN tahun ini memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa untuk memilih empat program studi. Peserta UMB juga bisa mendaftar melalui internet. ”Hingga saat ini yang sudah mendaftar 1.489 orang,” ujar Sutjipto. Tahun 2008 lalu peserta UMB PTN tercatat 98.426 orang.

Sementara Ketua PSPMBN, Asman Budi Santosa, mengatakan, seleksi prediktif yang dilakukan perhimpunannya menjamin calon mahasiswa yang lulus UMB bisa menyelesaikan studinya. ”Kekuatan kami mampu memprediksi calon mahasiswa dan satu-satunya yang mempunyai kemampuan prediktif SPMB. Selama 30 tahun kami telah membuat soal dengan baik dan berkualitas dan kami memiliki indikatornya,” katanya. 

Untuk mengikis citra kuliah di PTN lebih bergengsi dibandingkan swasta, PSPMBN mulai tahun ini juga menyelenggarakan UMB Perguruan Tinggi Swasta atau PTS. (Intan Ungaling)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com