Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalla: Capres Koalisi Besar Sebaiknya Satu Paket

Kompas.com - 29/04/2009, 23:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Koalisi jumbo atau koalisi besar partai politik yang digagas Partai Golkar bersama Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan menghasilkan satu paket calon pasangan presiden dan wakil presiden. Dari sejumlah partai politik yang akan bergabung dalam koalisi besar dan sekarang ini memiliki capres, sebaiknya memang ada kompromi meskipun setiap parpol memiliki sikap yang berbeda.

Namun, jika satu paket tidak bisa diwujudkan, munculnya dua paket capres dan cawapres pun tidak ada persoalan. Hal itu diungkapkan Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar Muhammad Jusuf Kalla dalam perbincangan dengan sebuah stasiun televisi, di Posko Slipi II, Jakarta, Rabu (29/4) malam.

"Capres dari koalisi besar memang tergantung sikap masing-masing partai politik. Namun, memang sebaiknya satu paket. Itu harapan supaya pilpres cepat selesai dan cukup satu putaran saja. Akan tetapi, itu memang butuh kesepakatan yang harus dirundingkan. Namun, jika tidak bisa satu paket, ya satu paket juga tidak apa-apa," tandas Kalla.

Tentang nama pasangannya yang akan menjadi cawapres, yaitu Ketua Umum DPP Partai Hanura Jenderal (Purn) Wiranto, Kalla mengaku belum waktunya harus disampaikan. "Memang itu masih terus dirundingkan dan pada saat finalnya baru akan dideklarasikan kepada publik. Sebenarnya, bisa saja sampai tanggal 9 Mei atau sehari sebelum pendaftaran capres dan cawapres ke KPU," ujar Kalla.

Kalla menegaskan dirinya hanya mau menjadi capres dan bukan sebagai cawapres. Mengenai koalisi besar yang akan dibangunnya di DPR, Kalla mengaku bertujuan untuk menciptakan keseimbangan dan saling mengawasi dan mengoreksi antara DPR dan pemerintah.

"Kalau koalisi besar menjadi pemenang, maka partai-partai lawannya menjadi partai oposisi. Akan tetapi, sebaliknya jika kalah, koalisi besar akan menjadi partai oposisi sehingga tercipta check and balance dalam pemerintahan. Itulah pedoman demokrasi," lanjutnya.

Tengah malam ini, disebut-sebut Kalla bertemu dengan Wiranto di kawasan Cibubur Jakarta Timur. Hingga kini pertemuan masih berlangsung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com