Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gresik Penyelenggara UN Pendidikan Agama

Kompas.com - 01/05/2009, 15:58 WIB

GRESIK, KOMPAS.com — Kabupaten Gresik, Jawa Timur, dan lima kabupaten lain se-Indonesia, yakni Mataram (Nusa Tenggara Timur), Singingi (Riau), Tanah Datar (Sumatera Barat), Indramayu (Jawa Barat), dan Musi Banyuasin (Sumatera Selatan) mulai tahun ini telah melaksanakan Ujian Nasional Pendidikan Agama Islam.

Pelaksanaan UN Pendidikan Agama Islam tingkat SMP di Gresik, Jumat (1/5), dipantau Direktur Pendidikan Agama Islam Direktorat Pendidikan Agama Islam Departemen Agama RI Imam Tolkha didampingi Kepala Subdirektorat Kurikulum Syafiudin dan Konsultan Dirjen Pendidikan Islam Abdul Majid, Kepala Dinas Pendidikan Gresik Chusaini Mustaz, dan Kepala Bidang Madrasah dan Pendidikan Agama Islam Pendidikan Sekolah Hartoyo.

Mereka memantau UN di SMP Negeri 1 Gresik, SMP Nahdlatul Ulama 2, dan SMP Muhammadiyah Gresik. Imam Tolkha menyatakan tujuan memantau UN Pendidikan Agama sebagai implementasi ujian lokal dan tanggung jawab ujian PAI standar UN.

Hasil pantauan akan dijadikan bahan evaluasi agar ke depan bisa dilaksanakan secara nasional dengan jumlah daerah yang lebih luas. "Tujuan penting meningkatkan pembelajaran PAI baik dari sisi kognitif dan praktik PAI dalam kehidupan sehari-hari. Saya bangga Gresik bisa laksanakan lebih awal UN PAI standar nasional," kata Imam.

Bupati Gresik Robbach Ma'sum menyatakan, semua itu karena dukungan pelaksana pendidikan di Gresik. "Ini karena support teman-teman. Sebagai kota wali dan kota santri tidak ada salahnya konsekuensi melaksanakan UN Pendidikan Agama," kata Robbach.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com