Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menangi Imagine Cup, Tim Big Bang Dikirim Microsoft ke Mesir

Kompas.com - 11/05/2009, 17:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Microsoft Indonesia kembali gelar Worldwide Imagine Cup untuk merangsang tumbuhnya bibit-bibit baru yang handal di bidang teknologi. Sebuah kompetisi pelajar tingkat global yang bertujuan memberikan inspirasi untuk mengatasi tantangan dunia terkini dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi.

Tahun ini, Imagine Cup mengusung tema "Solving the World's Toughtest Problem". Hal itu erat kaitannya dengan United Nation's Eight Millenium Development Goals. 

"Adapun tujuan tersebut adalah menggarisbawahi tantangan terberat yang dihadapi oleh dunia saat ini, seperti mengurangi kelaparan, kemiskinan, bahaya AIDS, serta meningkatkan pendidikan, kesehatan ibu hamil, dan keberlanjutan lingkungan hidup," ungkap Tony Seno Hartono, Staf Bidang Teknologi Nasional PT Microsoft Indonesia, sesaat seusai acara briefing media "The Future is Here," di Jakarta, Senin (11/5).

Tony menerangkan, gelaran kali ini menyajikan delapan kategori yang akan dilombakan di Imagine Cup. Kategori tersebut adalah Embedded Development, Gamed Development, Robotics and Algorithm, IT Challenge, Mash Up, Photography, Short Film, dan Design.

"Sedangkan untuk seleksi tingkat nasional di masing-masing negara, Microsoft memberikan kepercayaan berupa dua dari delapan kategori yang ada. Untuk di Indonesia, kategori yang diseleksi adalah Software Design dan Embedded Development," kata Tony.

"Pada Imagine Cup kali ini, Microsoft hanya akan menyeleksi pemenang dari kategori Software Design, sedangkan pemenang kategori Embedded Development akan ditentukan di tingkat regional Asia Pasifik," imbuhnya.

Dewan juri yang terdiri dari Steve Ballmer, CEO Microsoft Corporations, dan beberapa ahli teknologi lainnya melakukan penilaian terhadap para peserta. Akhirnya, yang keluar menjadi pemenang adalah tim Big Bang. Program MOSES (Malaria Observation System and Endemic Surviliance) yang mereka ciptakan dipandang oleh juri sebagai program yang dapat memecahkan permasalahan terberat saat ini.

Sebagai hadiah, Big Bang mendapat uang tunai sebesar Rp 15 juta. Selain itu, tim yang diawaki oleh David Samuel, Dody Dharma, Dominikus Damas, dan Samuel Simon itu akan mengikuti kompetisi tingkat global di Kota Kairo, Mesir, pada Juli mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com