Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perpusnas Bakal Beri Penghargaan

Kompas.com - 20/05/2009, 23:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Perpustakaan Nasional (Perpusnas) akan memberikan berbagai penghargaan pada 26 Mei mendatang kepada sejumlah pihak yang peduli terhadap pengembangan perpustakaan. Termasuk, tiga tokoh dari daerah yang mempunyai kepedulian terhadap minat baca masyarakat di daerahnya.
    
"Penghargaan ini akan diberikan kepada tiga orang tokoh di daerah, tiga wartawan dan tiga media yang banyak mempublikasikan perpustakaan," kata Kepala Bagian Hukum dan Humas Perpustakaan Nasional, Imam Nurhadi di Jakarta, Rabu (20/5).
    
Menurut Imam, penghargaan tersebut diberikan kepada tiga orang tokoh di daerah yang sangat peduli dengan perpustakaan dan minat baca bagi masyarakat yakni berupa penghargaan Nugra Jasa Pustaloka.
    
Salah seorang dari mereka berasal dari Jabar berjasa karena  membuka perpustakaan di tengah hutan. Namun, banyak warga yang sengaja datang untuk membaca buku sambil menikmati keindahan alam.
    
Selain itu penghargaan juga akan diberikan kepada seorang warga Nusa Tenggara Timur (NTT) yang membuka perpustakaan bagi masyarakat umum sekaligus dengan sarana pembelajaran lapangan seperti teknik bertani, berternak dan berbagai jenis referensi lain yang ada di perpustakaan yang ia kembangkan sendiri. "Nama-namanya masih kami rahasiakan. Mereka sudah melalui penilaian dan survei," katanya.
    
Selain kepada tokoh atau pejabat yang peduli pada pengembangan perpustakaan dan minta baca bagi warga di daerah, penghargaan lainnya Citra Dharma Putaloka diberikan kepada tiga wartawan dan tiga media yang secara konsisten sering mempublikasikan perpustakaan serta peduli pada minat baca masyarakat. "Mengembangkan perpustakaan dan minta baca menjadi kewajiban kita untuk mencerdaskan anak bangsa," kata Imam.
    
Pemberian penghargaan serupa dalam rangka memperingati hari ulang tahun Perpustakaan Nasional tepatnya tanggal 17 Mei.
    
Tahun lalu penghargaan juga diberikan di antaranya kepada seorang nenek yang berkeliling dengan sepedanya untuk meminjamkan buku kepada warga secara cuma-cuma.  "Pada tahun ini akan diberikan tanggal 26 Mei, sekaligus dengan penyelenggaraan pameran foto dan bedah buku," katanya.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com