Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mega-Prabowo Janjikan Pertumbuhan Ekonomi Double Digit

Kompas.com - 22/05/2009, 17:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pasangan capres-cawapres, Megawati Soekarnoputri dan Prabowo Subianto, akhirnya menyebutkan angka pertumbuhan ekonomi yang dijanjikan jika keduanya terpilih memimpin republik ini.

Seusai Dialog Calon Presiden 2009, Jumat (22/5), Prabowo mengatakan, pertumbuhan ekonomi double digit mungkin dicapai selama 5 tahun kepemimpinan. "Double digit," kata Prabowo kepada wartawan.

Angka pertumbuhan itu, menurut dia, bisa tercapai jika ada kemandirian energi dan menghentikan bocornya kekayaan nasional. "Masalahnya, setiap tahun kekayaan kita bocor ke luar negeri. Utang tahun lalu dibayar dengan utang tahun ini," kata Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra ini.

Dengan mengusung ekonomi kerakyatan, ia menyatakan cukup optimistis bisa menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang lebih baik.

Sementara itu, Megawati sendiri, dalam jumpa pers, sempat mengatakan bahwa angka pertumbuhan ekonomi double digit mungkin terealisasi jika semua hal mengenai strategi ekonomi yang disampaikan bisa dijalankan. Ia mengakui, waktu 5 tahun terasa singkat untuk mencapai angka tersebut.

"Saya dan Mas Bowo berbicara, angka 2 digit, tapi saya bilang, kita kerja hanya lima tahun dan waktunya pendek untuk dapat dua digit. Kami tidak menyebutnya sebagai target, tapi kalau semua yang tadi saya sebutkan bisa dilaksanakan, maka 2 digit bukan hal yang mustahil," kata Mega, dalam jumpa pers.

Akan tetapi, Mega memberikan catatan, tercapai atau tidaknya angka tersebut tergantung situasi ekonomi politik selama masa pemilu hingga pergantian pemerintahan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com