Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gita Gutawa Resmi Jadi Duta Pendidikan SF

Kompas.com - 25/05/2009, 12:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Musisi atau artis dengan lantunan syair lagunya bisa menjadi inspirasi dan penyemangat bagi mereka yang mendengarnya. Karena itulah, penyanyi Gita Gutawa didapuk menjadi Duta Pendidikan Sampoerna Foundation.

Hal tersebut dikemukakan oleh Sapto H Sakti, Direktur Komunikasi Sampoerna Foundation (SF), terkait pengukuhan secara simbolik Gita Gutawa sebagai Duta Pendidikan SF di Jakarta, Senin (25/5) ini. Menurut Sapto, penyanyi berusia 16 tahun tersebut telah mampu menunjukkan komitmen dan kepeduliannya bagi kemajuan pendidikan di Indonesia.

"Sebagai duta memang harus orang populer, tetapi popularitas saja tidak cukup, karena dia juga harus orang yang berprestasi untuk ikut memajukan bidang yang diwakilinya," tukas Sapto. Sapto menuturkan, berangkat dari kriteria tersebut, Gita Gutawa merupakan satu dari sekian seniman, musisi, bahkan aktivis pendidikan yang berhasil terpilih sebagai sosok yang tepat dan terbaik.

"Prestasi akademisnya bagus dan selalu juara kelas setiap tahun," ujar Sapto. "Selain prestasi kami juga mempertimbangkan attitude dirinya dan latar belakang keluarganya," tambahnya.

Saat ini, Gita Gutawa duduk di kelas 10 atau 1 SMA, Sekolah Binus Internasional, Jakarta. Gita baru saja meluncurkan album baru keduanya, Harmoni Cinta.

Melalui penobatannya sebagai Duta Pendidikan SF, album tersebut, khususnya lagu "Meraih Mimpi", "Melangkah Lagi", dan "Ayo, Come On" diharapkan bisa menginspirasi anak-anak Indonesia dan para orangtua siswa untuk berprestasi dan mendukung putra-putri mereka berprestasi di bidang pendidikan.

Terpilih sebagai Duta Pendidikan SF yang pertama, putri sulung musisi Erwin Gutawa itu akan terlibat langsung mengikuti program-program pendidikan Sampoerna Foundation. Bahkan sebagai komitmen awal, Gita melalui Sony Music Indonesia telah mendonasikan uang sebesar Rp 50 juta.

Sapto mengatakan, donasi tersebut untuk disalurkan oleh SF dalam bentuk beasiswa, salah satunya untuk program penggalangan dana pendidikan 'Save a Teen'. "Selanjutnya hasil penjualan CD, kaset, dan ring back tone dari lagu-lagu di album kedua Gita akan didonasikan bagi program Save a Teen tersebut," ujar Sapto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com