Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wow, Perayaan Hardiknas 2009 Habiskan Rp 2 Miliar

Kompas.com - 25/05/2009, 14:37 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan memberikan penghargaan Satya Lencana Pendidikan kepada 14 orang pendidik pada puncak perayaan Hardiknas 2009 di Sabuga, ITB, Kota Bandung, Selasa (26/5). Anggaran untuk perayaan Hardiknas 2009 itu sendiri habiskan Rp 2 miliar.

Penghargaan tertinggi di bidang pendidikan itu untuk delapan orang kepala sekolah, empat guru yang bertugas di daerah terpencil, serta dua orang petugas pengawas pendidikan.

"Penerima penghargaan berasal dari beberapa daerah di Indonesia," kata Koordinator Humas Panitia Hardiknas 2009, Ismunandar, di Bandung, Senin (25/5). Rencananya, peringatan Hardiknas itu akan dihadiri oleh Mendiknas Bambang Sudibyo, Menko Kesra Aburizal Bakrie, Rektor Perguruan Tinggi se-indonesia, Muspida Jabar, serta para tokoh pendidikan nasional.

Selain menyerahkan Satya Lencana Pendidikan, Presiden juga akan menyerahkan medali emas kepada 55 orang pemenang Olimpiade Pendidikan Tingkat Internasional 2009 serta penghargaan World Class University yakni UI, UGM, dan ITB.

Presiden juga akan menyerahkan beasiswa kepada santri berprestasi di tiga kabupaten/kota, penyerahan piagam penghargaan Adi Bahasa serta penyerahan penghargaan pembangunan Madrasah Bertaraf Internasional. Penghargaan untuk madrasah internasional itu akan diberikan kepada bupati/wali kota di Kabupaten/Kota Indramayu, Pekalongan, Bedagai Serdang, Batam, Dumai, Padang Pariaman, Musi Banyuasin, Tanah Laut, Paser, Maros, Lombok, dan Palu.

"Penghargaan Adi Bahasa akan diberikan kepada tiga provinsi yakni Jatim, Sumbar, dan Sulawesi Tenggara," kata Ismunandar.

Habiskan Rp 2 miliar

Peringatan Hardiknas 2009 tahun ini bertema "Pendidikan Sains, Teknologi dan Seni; Menjamin Pembangunan Berkelanjutan dan Meningkatkan Daya Saing Bangsa". Acara inti akan ditandai dengan peluncuran Peta Bahasa Indonesia, oratorium "Sang Kereta Pengatikan" oleh tim sendratari STSI Bandung, serta puncaknya penyampaian amanat presiden.

Kegiatan Hardiknas 2009 yang menghabiskan anggaran sebesar Rp 2 miliar itu juga dimeriahkan dengan Pameran Gelar Produk Hasil Karya Anak Bangsa, Festival Seni Budaya Rakyat Jabar, serta seminar pendidikan. Pameran Produk Hasil Karya Anak Bangsa menampilkan 50 kios karya enam PTN, PTS, SMK, SMA, serta BUMN dan lain-lainnya," kata Ismunandar.

Khusus terkait oratorium "Sang Kereta Pangatikan", yang digarap oleh mahasiswa STSI, akan menjadi pergelaran sendratari kolosal melibatkan 150 orang penari dan 40 orang nayaga.

"Intinya menggambarkan peranan pendidikan dalam menyiapkan generasi masa depan," tambah Ismunandar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com