Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir 2009, Setiap Kecamatan Punya Perpustakaan

Kompas.com - 26/05/2009, 16:09 WIB

GRESIK, KOMPAS.com - Dilihat dari jumlah kunjungan, masyarakat Kecamatan Balongpanggang, Cerme dan Benjeng Kabupaten Gresik paling apresiatif terhadap keberadaan perpustakaan di Kecamatan. Jumlah kunjungan ke perpustakaan periode Januari-April 2009 di Balongpanggang sebanyak 5.521 orang, Cerme 5.351 orang dan Kecamatan Benjeng 4.786 orang. Hal tersebut dikatakan Sekretaris Daerah Kabupaten Gresik Husnul Khuluq pada Bimbingan Teknis Pengelolaan Perpustakaan Selasa (26/5) yang dihadiri 120 peserta se-Kabupaten Gresik.

Khuluq menyebutkan sebagai implementasi visi misi Pemerintah Kabupaten Gresik, sejak tahun 2007 telah dibangun dan dikembangkan perpustakaan umum sampai tingkat kecamatan. Hingga kini sudah terbangun 10 perpustakaan kecamatan di Kabupaten Gresik dari 18 kecamatan yang ada.

Pada 2007 dibangun perpustakaan di Kecamatan Driyorejo, Wringinanom, Cerme, Bungah, dan Panceng. Selanjutnya pada 2008 dibangun perpustkaan di Kecamatan Sidayu, Dukun, Balongpanggang, Duduksampeyan dan Benjeng. "Pembangunan perpustakaan di delapan kecamatan lain akan direalisasi pada tahun 2009," kata Khuluq.

Menurut Khuluq perpustakaan mempunyai makna strategis untuk peningkatan sumber daya manusia. Dia berharap agar perpustakaan yang ada dapat menjadi wahana informasi, tempat penelitian dan berbagai hal kegiatan untuk kemajuan wilayah masing-masing.

Bupati Gresik Robbach Ma'sum berharap agar pengelola perpustakaan kecamatan meningkatkan fungsi perpustakaan yang dikelolanya. "Jadikan perpustakaan sebagai rumah belajar yang baik dan sehat agar pembaruan dan pembangunan sumber daya manusia bisa terlaksana," katanya.

Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Gresik Khoirul Huda mengatakan bimbingan teknis pengelolaan perpustakaan selama dua hari diikuti oleh 120 pengelola perpustakaan se-Kabupaten Gresik. Peserta adalah para pengelola perpustakaan sekolah, kantor, masjid, organisasi dan beberapa pengelola perpustakaan komunitas. Peserta mendapatkan materi tentang Pengantar Perpustakaan, Manajemen Pelayanan Perpustakaan, Budaya Minat Baca, Strategi Promosi Layanan Perpustakaan, Pengelolaan Bahan Pustaka, dan Penyia pan Data Pendukung Pengolahan Perpustakaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com