Bikin Robot, Bagi Ilmunya Dong!

Kompas.com - 27/05/2009, 12:34 WIB
Editor

BANDUNG, KOMPAS.com - Lomba membuat robot pada 'Lomba Kreativitas Siswa (LKS) Tingkat Jawa Barat Subteknologi Robotika' di Lembang, Bandung, hari ini (27/5) ditutup. Misinya mengenalkan teknologi dasar robot kepada siswa dan membagi ilmu kepada teman dan guru di sekolah masing-masing peserta.

Hal itu diutarakan oleh salah seorang juri, Agus Mulyana, di sela-sela lomba di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, (27/5). Agus mengatakan, lomba digelar untuk mengenalkan teknologi dasar robot kepada siswa SMA. Para peserta lomba juga diharapkan bisa membagi ilmu kepada teman dan guru di sekolahnya masing-masing.

Selain itu, Agus menambahkan, tujuan lomba lainnya adalah untuk menciptakan embrio kompetisi regional, bahkan nasional. "Tadinya ada 15 siswa yang ikut tapi lima di antaranya dinyatakan gugur," katanya.

Sementara itu, menurut Managing Director Next System, Christianto Tjahyadi, kemampuan dan daya tangkap siswa dianggap sangat baik. Para peserta diberi teori selama empat jam pada hari pertama lomba. Kegiatan lalu dilanjutkan dengan latihan pada hari kedua.

"Mereka sudah mampu memrogram robot saat kompetisi hari ketiga. Kemampuan adaptasinya bagus, siswa diupayakan belajar teori dengan suasana yang menyenangkan," kata Christianto.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.