Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Robot, Bandung Masih Tertinggal

Kompas.com - 27/05/2009, 15:15 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com — Di gelaran Lomba Kreativitas Siswa (LKS) Tingkat Jawa Barat Subteknologi Robotika, para peserta lomba telah mampu menentukan derajat arah menikung robot, kecepatan, dan waktunya dengan baik. Di negara-negara maju, pertandingan robot sudah jauh lebih canggih.

Hal tersebut dikatakan oleh Christianto Tjahyadi, Managing Director Next System, di gelaran LKS Tingkat Jawa Barat Subteknologi Robotika, di Lembang, Bandung, Rabu (27/5). Christianto mencontohkan Korea Selatan, misalnya.

Menurutnya, lomba robot di "Negeri Ginseng" itu sudah berbentuk kompetisi mengangkut barang, perang-perangan, dan menghindari rintangan. Pesertanya adalah siswa sekolah menengah pertama, bahkan sekolah dasar.

Menurut Christianto, Bandung termasuk tertinggal ketimbang kota-kota besar lain dalam menggiatkan kurikulum tentang robot. Ketertinggalan kurikulum itu tidak hanya di tingkat sekolah, bahkan juga di perguruan tinggi.

Lain halnya dengan Surabaya, tambah Christianto. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) sudah menekuninya sejak 10 tahun lalu. Setelah itu, barulah Jakarta, Medan, dan Yogyakarta, yang dianggapnya masih lebih maju dibandingkan Bandung.

Menurut Kepala Laboratorium Robotika Universitas Komputer Indonesia, Yusrila Y Kerlooza, para siswa kelas akselerasi yang cenderung memiliki kecerdasan lebih tinggi sangat baik diikutsertakan dalam kegiatan seperti lomba robot. "Sebab, mereka kerap dianggap lain oleh teman-teman karena pemikiran yang berbeda dibandingkan remaja seusianya," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com