Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perlu Waktu Untuk Persiapkan SNMPTN

Kompas.com - 29/05/2009, 20:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Para siswa merasa perlu waktu lebih banyak untuk mempersiapkan diri menghadapi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri pada 1-2 Juli mendatang. Hal itu dikarenakan adanya perubahan model tes seleksi tersebut.

Seperti diwartakan sebelumnya, panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) mengubah soal seleksi untuk bidang studi dasar, IPA dan IPS akan bersifat prediktif serta tidak mengulang soal yang tercantum dalam Ujian Nasional. Siswa jug a akan menghadapi soal Tes Potensi Akademik.

Murid kelas tiga SMAN 35 Jakarta, Dinar mengatakan, tidak terlalu khawatir dengan perubahan tersebut. Namun, berharap ada waktu lebih banyak untuk mempersiapkan diri dan menyesuaikan persiapan. Sejauh ini, Dinar mengikuti bimbingan belajar intensif dan belajar mandiri.

Hal serupa diungkapkan, Vingky, siswa SMAN 20, Jakarta Timur. Dia belum mengetahui mengenai perubahan model tes SNMPTN itu. Sejauh ini, persiapan yang dilaksanakannya untuk menghadapi ujian-ujian seleksi masuk perguruan tinggi negeri antara lain dengan belajar dari soal-soal tahun sebelumnya. Vingky mengatakan, akan beradaptasi dengan perubahan tersebut,

Guru Matematika SMAN 5 Bandung, Agus Setia Mulyadi mengatakan, perubahan model tes itu berita baik. Kemampuan anak tidak hanya dilihat dari ketrampilan, tetapi juga penguasaan konsep, logika dan nalar, ujarnya.

Dia menyakini, siswa dan sekolah akan segera mampu menyesuaikan diri dengan berbagai perubahan tersebut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com