Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Robot Unikom Wakili Indonesia di Robogames 2009

Kompas.com - 30/05/2009, 10:46 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com — Tim Robot Universitas Komputer Bandung menjadi wakil tunggal Indonesia di Kejuaraan Robogames, San Fransisco, Amerika Serikat, 12-15 Juni 2009. Mereka akan turun di kelas Open Autonomous Fire Fighting (Pemadam Kebakaran Otomatis) mengandalkan dua robot buatan mahasiswa Unikom.

”Robot yang akan bertanding adalah DU-114 V8 dan Next 116 karya Rodi Hartono dan Stevanus Akbar Alexander,” kata Ketua Divisi Robotika Unikom, Yusrila Yeka Kerlooza, di Bandung, Sabtu (30/5).

Robogames adalah kejuaraan desain robot tingkat internasional. Untuk tahun 2009 diperkirakan sebanyak 20 negara ikut ambil bagian. Peserta akan bersaing di 72 kelas yang dipertandingkan.

Menurut Yusrila, keikutsertaan Tim Robotika Unikom di Robogames adalah yang pertama kalinya. Setelah beberapa kali menjadi pemenang kompetisi robot tingkat regional dan nasional, Tim Robotika menganggap butuh tantangan baru. Salah satunya belajar dari pembuat robot dari luar negeri melalui kompetisi internasional.

Beberapa kejuaraan yang pernah diikuti DU-114 V8 adalah Juara I Divisi Senior Beroda Kompetisi Robot Cerdas Indonesia (KCRI) Tingkat Regional II dan Tingkat Nasional pada tahun 2008. Sedangkan Next 116 pernah menjadi juara I pada Divisi Senior KCRI berkaki tingkat Regional II. ”Bukan semata-mata menang atau kalah. Dengan ikut bertanding, kami ingin mendapatkan pelajaran dan ilmu baru dari peserta negara lain,” katanya.

Mengenai peluang memenangi kelas khusus pemadam kebakaran, Yusrila mengatakan segala kemungkinan masih terbuka. Alasannya, dari sekian banyak percobaan dan penyempurnaan, menghasilkan kinerja robot yang memuaskan. Di antaranya, sensor gerak, kecepatan robot, hingga komponen pemadaman. ”Pesaing terbesar kami di kelas pemadam kebakaran bukan negara-negara Eropa atau Amerika Utara. China justru menjadi pesaing terberat,” katanya.

Menurut Stevanus Akbar, pembuat Next 116, aplikasi kedua robot ini memang ditujukan untuk kehidupan masyarakat sehari-hari, khususnya pemadaman api. Hal ini bisa dilihat dari dua desain yang sengaja dibuat berbeda. DU-114 sengaja dibuat berkaki enam untuk mengantisipasi kemungkinan banyaknya tangga di sekitar permukiman. Sedangkan DU-114, menggunakan roda, seperti tank baja, dibuat agar robot bisa dengan cepat menemukan lokasi pemadaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com