Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPAI: UN Menjadikan Anak Didik "Kelinci Percobaan"

Kompas.com - 10/06/2009, 18:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) prihatin dan menyesalkan kebijakan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) Pengganti. KPAI menilai, anak didik peserta UN tersebut telah menjadi "kelinci percobaan" pemerintah dalam hal ini BSNP.

Hal tersebut diutarakan oleh Ketua KPAI Drs Hadi Supeno dalam siaran pers yang dikirimkannya kepada Kompas.com, Rabu (10/6). Menurut Hadi, UN Pengganti yang dimulai hari ini (10/6) bukan merupakan cara efektif untuk mengukur keberhasilan pendidikan nasional. "Formulasi ini telah mereduksi proses pendidikan dan mematikan kreatifitas anak," kata Hadi.

Terkait konteks UN Pengganti tersebut, Hadi menilai Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) harus bertanggung jawab terhadap nasib dan dampak negatif anak yang menjadi korban UN. Dampak buruk tersebut termasuk adanya labelisasi pada siswa berupa "tidak berhasil", "tidak jujur", "curang", "nyontek", serta sebutan lainnya.

Dalam kajian KPAI, lanjut Hadi, anak didik telah menjadi korban sistem pendidikan yang diciptakan oleh orang dewasa. "Selain secara sistematik anak telah menjadi kelinci percobaan, kebijakan ini juga kontraproduktif dengan nilai-nilai filosofi pendidikan yang mengembangkan aspek moral, etika, kejujuran, kegembiraan, tanpa ancaman dan tekanan untuk menjamin tumbuh kembang anak," ujar Hadi.

Untuk itulah, KPAI menilai UN sebagai alat evaluasi pendidikan di seluruh Indonesia harus segera diakhiri. Tahun 2009 merupakan penyelenggaraan UN yang terakhir sampai pemerintah berhasil membangun sistem dan mekanisme evaluasi yang tepat untuk mengukur keberhasilan pendidikan nasional.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com