Kunjungan Dubes Jepang Harus Disikapi Kritis

Kompas.com - 11/06/2009, 20:29 WIB
Editor

BANDUNG, KOMPAS.com - Masyarakat harus tetap kritis menyikapi kunjungan Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kojiro Shiojiri ke Kampung Cilebak, Kamis (11/6). Meskipun Jepang selama ini banyak memberikan kucuran dana kepada Indonesia dalam bentuk hibah, masyarakat perlu diajak ikut serta dalam pembahasan program bantuan sehingga bisa efisien dan efektif.

Itu diungkapkan Koordinator Aliansi Rakyat Untuk Citarum (Arum), Dadang Sudardja. Shiojiri mengunjungi Kampung Cilebak di RT 3/3 Desa Rancamanyar, Baleendah, Kabupaten Bandung, untuk melihat pemberdayaan masyarakat di sekitar wilayah yang mendapatka n pendanaan proyek dari Jepang.

"Jangan sampai kunjungan ini hanya sebagai legitimasi untuk kucuran dana Integrated Citarum Water Resources Management Investment Program (ICWRMIP). Padahal, masyarakat tidak pernah diajak serta dalam perumusannya," terang Dadang.

Dia tidak mengharapkan, kucuran dana sebesa 500 juta dollar AS itu tidak terbuang percuma akibat inefisiensi dari perencanaan yang tidak melibatkan masyarakat sebagai pihak yang paling terkena dampak. Dia juga sepakat kalau Sungai Citarum harus ditangani agar tidak menyebabkan banjir di daerah Baleendah atau Majalaya, tapi proses itu harus mengikutsertakan pemberdayaan masyarakat sekitar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.