Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

'D4 S1' Wakili Indonesia di Kontes Robot Internasional

Kompas.com - 14/06/2009, 18:14 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Robot karya mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (Pens), 'D4 S1', yang menjuarai 'Kontes Robot Indonesia (KRI) Nasional 2009' akan mewakili Indonesia pada Kontes robot Internasional 'ABU Robocon' di Tokyo, Jepang, Agustus 2009 mendatang.

Langkah Pens ke kontes robot internasional itu mengulang kesuksesan tim mereka tahun lalu yang juga mewakili Indonesia dalam perlombaan yang sama di India. Saat itu, tim Pens tampil sebagai pemenang ketiga.

"Kami memasang target untuk bisa melewati babak demi babak, bukan langsung memasang target untuk menang di kejuaraan nasional," ujar Moh. Hisyam Fithrony, anggota tim D4S1, di Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, Minggu (14/6).

Pada KRI Nasional 2009 ini, 'D4 S1' berhasil menyisihkan tim tuan rumah, 'Patroit' pada babak final.

"Kami berusaha agar sisi stabilisasi robot tetap terjaga sehingga bisa berjalan dengan baik, jika ingin cepat-cepat nanti hasilnya kurang baik," ujar Hisyam.

Namun demikian, Hisyam menyatakan bahwa tim harus memperbaiki kecepatan jika nanti bersaing di tingkat internasional. Menurutnya, Vietnam salah satu musuh terkuat di kontes internasional karena sudah berhasil memukul gendang dalam waktu sekitar 32-38 detik.

"Waktu tercepat yang bisa kami bukukan untuk memukul gendang masih sekitar 42 detik," ujarnya, yang menyatakan bahwa timnya harus terus berlatih menghadapi kejuaraan tingkat internasional ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com