Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa Bandung Juarai 'World Robo Master Cup 2009' di Singapura

Kompas.com - 18/06/2009, 17:43 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - SMP Salman Al-Farisi Kota Bandung menggondol juara pertama 'World Robo Master Cup 2009', sebuah kompetisi robot rakitan SMP se-ASEAN di Singapura yang digelar awal Juni lalu.

'NXP Lego', nama robot itu, adalah hasil rakitan tiga siswa SMP Salman Al-Farisi Bandung, Jawa Barat, yang sukses menjuarai kontes di Singapura pada 3–6 Juni 2009 lalu. Tim ini berhasil mengandaskan 8 tim lain termasuk "jawara" Singapura. Mereka adalah Adrian Putra Manggala, Naufaldie Adikusumah, dan Fauzi Maulana Hakim, yang tergabung dalam tim 'Haiya Boy'.

"Sukses ini merupakan sebuah kebanggan dan kami berharap staf pengajar dan pembimbing mereka terus memberikan binaan dan menyalurkan potensinya," kata Gubernur Jawa Barat, H Ahmad Heryawan di Bandung, Kamis (18/6).

Atas kemenangan tersebut, tim 'Haiya Boy' yang terdiri dari siswa kelas tiga sekolah tersebut berhak atas medali emas kategori “Prison Break”. Robot cerdas mereka menjadi satu-satunya robot yang menyentuh garis finis. Selanjutnya, tim ini diproyeksikan mengikuti 'Olimpiade Robot Internasional'.

Tim Salman Al-Farisi, yang sejak awal merupakan juara robotik tingkat nasional, itu mampu keluar sebagai juara setelah menyisihkan pesaingnya dari 10 negara lainnya. Kesepuluh negara itu termasuk di dalamnya tim tuan rumah Singapura, yang dikenal kuat di bidang robotik.

Secara khusus, ketiga jawara lomba robot pintar itu diterima oleh Gubernur Jawa Barat H. Ahmad Heryawan dan Ny Netty Heryawan di Gedung Pakuan Kota Bandung.

"Pelajar kita  mampu berbuat banyak, bahkan bisa mengalahkan perwakilan dari negara yang selama ini cukup kuat di bidang robotik, ini sesuatu  yang membanggakan," kata Heryawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com