Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hore, 150 Anak TKI Bisa Ujian Paket A di Malaysia!

Kompas.com - 18/06/2009, 18:04 WIB

SAMARINDA, KOMPAS.com - Sebanyak 150 anak buruh perkebunan kelapa sawit di Sabah, Malaysia, pada awal Juli 2009 nanti akan menempuh Ujian Pendidikan Kesetaraan Sekolah Dasar atau Paket A di negara bagian tersebut.

"Ujian dilaksanakan pada 1-3 Juli 2009 di tiga distrik yakni Kunak, Kalabakan, dan Lahadatu," kata Kepala Bidang Pendidikan Nonformal dan Informal Dinas Pendidikan Kaltim Rustinah Rasyid di Samarinda, Kamis (18/6).

Ketua Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Serat Bangsa Suhartinah membenarkan informasi tersebut. Lembaga ini menjadi mitra pemerintah untuk menyelenggarakan pendidikan informal bagi anak-anak TKI di Sabah sejak tahun lalu.

"Kami menyelenggarakan pendidikan bagi 1.000 orang dewasa dan anak-anak yang belum bisa membaca, menulis, dan berhitung," kata Suhartinah, di Jakarta.

Rustinah mengatakan, peserta ujian Paket A di Sabah itu berusia antara 12-19 tahun. Mereka termasuk 2.199 peserta ujian serupa dari Kaltim. Anak-anak TKI itu dimasukkan dalam peserta dari Kaltim, sebab Sabah berbatasan dengan Kabupaten Nunukan di kawasan paling utara Kaltim.

Menurut Rustinah, pelaksanaan ujian itu bersamaan dengan berlangsungnya program serupa di Kaltim, termasuk Paket B dan Paket C. Soal-soal ujian untuk anak-anak TKI di Sabah ini akan dibuat oleh Departemen Pendidikan Nasional.

"Kaltim membantu mengirimkan lembar jawaban ke Jakarta, lulus tidaknya ditentukan oleh departemen termasuk ijazah nanti dikirim dari Jakarta ke Sabah," katanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com