Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dubes Jepang Kunjungi Buntet

Kompas.com - 18/06/2009, 18:16 WIB

CIREBON, KOMPAS.com- Duta Besar Jepang untuk RI Kojiro Shiojiri, Kamis (18/6), mengunjungi Yayasan Lembaga Pendidikan Islam Buntet Pesantren, di Kabupaten Cirebon. Selain ingin mengetahui kehidupan di pesantren, Kojiro juga ingin berbagi sedikit informasi tentang budaya Jepang kepada masyarakat Cirebon.

Dalam kuliah umumnya, Kojiro bercerita kepada siswa, guru, dan kiai di Pesantren Buntet tentang persamaan kehidupan di Jepang dan Indonesia. Salah satunya sikap perhatian dan kasih sayang yang selalu ditunjukkan orang Indonesia kepada orang lain.

Penghormatan yang besar kepada orang tua dan alam, juga merupakan bentuk persamaan orang Indonesia dan Jepang, yang selama setahun ini diperhatikan Kojiro. Bentuk persamaan lain yang ditemui Kojiro adalah pengucapan salam yang selalu diberikan orang Indonesia, seperti selamat pagi, selamat siang, selamat sore, dan selamat malam.

"Dalam bahasa Jepang selamat pagi itu ohayo, selamat siang konniciwa, dan selamat malam kombanwa," ucap Kojiro sambil mengajak para siswa dan pendidik di Pesantren Buntet berujar bahasa Jepang.

Dalam kuliah umumnya, Kojiro mengatakan sangat senang datang ke Indonesia. Dia mewakili Jepang ingin mencari perdamaian dan berkontribusi dalam perdamaian internasional. Salah satunya dengan ingin mengetahui lebih banyak tentang Islam yang banyak belum diketahui dan dipahami oleh bangsa Jepang.

Kojiro juga berencana bersilaturahmi dengan keluarga almarhum Endang Arifin, salah seorang warga Cirebon yang bekerja di Jepang dan pernah menyelamatkan dua siswi Jepang yang akan tenggelam. Almarhum Endang meninggal saat menyelamatkan kedua siswi Jepang tersebut.

"Saya mewakili Jepang pernah memberikan penghargaan kepada keluarga Endang. Dan baru sekarang saya bertemu dengan keluarga Endang," ujar Kajiro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com