Dubes Jepang Kunjungi Buntet

Kompas.com - 18/06/2009, 18:16 WIB
Editor

CIREBON, KOMPAS.com- Duta Besar Jepang untuk RI Kojiro Shiojiri, Kamis (18/6), mengunjungi Yayasan Lembaga Pendidikan Islam Buntet Pesantren, di Kabupaten Cirebon. Selain ingin mengetahui kehidupan di pesantren, Kojiro juga ingin berbagi sedikit informasi tentang budaya Jepang kepada masyarakat Cirebon.

Dalam kuliah umumnya, Kojiro bercerita kepada siswa, guru, dan kiai di Pesantren Buntet tentang persamaan kehidupan di Jepang dan Indonesia. Salah satunya sikap perhatian dan kasih sayang yang selalu ditunjukkan orang Indonesia kepada orang lain.

Penghormatan yang besar kepada orang tua dan alam, juga merupakan bentuk persamaan orang Indonesia dan Jepang, yang selama setahun ini diperhatikan Kojiro. Bentuk persamaan lain yang ditemui Kojiro adalah pengucapan salam yang selalu diberikan orang Indonesia, seperti selamat pagi, selamat siang, selamat sore, dan selamat malam.

"Dalam bahasa Jepang selamat pagi itu ohayo, selamat siang konniciwa, dan selamat malam kombanwa," ucap Kojiro sambil mengajak para siswa dan pendidik di Pesantren Buntet berujar bahasa Jepang.

Dalam kuliah umumnya, Kojiro mengatakan sangat senang datang ke Indonesia. Dia mewakili Jepang ingin mencari perdamaian dan berkontribusi dalam perdamaian internasional. Salah satunya dengan ingin mengetahui lebih banyak tentang Islam yang banyak belum diketahui dan dipahami oleh bangsa Jepang.

Kojiro juga berencana bersilaturahmi dengan keluarga almarhum Endang Arifin, salah seorang warga Cirebon yang bekerja di Jepang dan pernah menyelamatkan dua siswi Jepang yang akan tenggelam. Almarhum Endang meninggal saat menyelamatkan kedua siswi Jepang tersebut.

"Saya mewakili Jepang pernah memberikan penghargaan kepada keluarga Endang. Dan baru sekarang saya bertemu dengan keluarga Endang," ujar Kajiro.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.