Beasiswa "Monbukagakusho" Tinggal Lima Hari Lagi!

Kompas.com - 19/06/2009, 11:51 WIB
Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Pendaftaran Monbukagakusho atau 'Program Beasiswa Pemerintah Jepang' tinggal lima hari lagi (24/6). Jangan ketinggalan, selain biaya studi beasiswa ini juga meliputi biaya hidup tanpa ikatan dinas.

Melalui beasiswa berupa 'Research Student 2010', kali ini Jepang akan menjadi satu dari sekian banyak negara tujuan studi pilihan pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan kuliah di luar negeri.

Monbukagakusho hadir atas dukungan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Ilmu Pengetahuan, dan Teknologi Jepang. Di Indonesia, pendaftaran dan penyeleksiannya diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Jepang dan Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya, Medan, serta Makassar.

Dibuka setiap tahun, program beasiswa ini ditujukan bagi mereka yang tertarik dalam program research student di perguruan tinggi di Jepang. Namun, pada saat menjalani research student itu, peminat diperbolehkan melamar ke program S-2, S-3, atau Professional Graduate Course.

Selain itu peminat pun bisa melanjutkan ke jenjang S-3 setelah menuntaskan program S-2. Hanya saja, syaratnya harus lulus seleksi tes ujian dari universitas bersangkutan.

Semua persyaratan utama beasiswa ini tidak berbeda dengan syarat utama pada pendaftaran beasiswa lain. Hanya saja, Monbukagakusho punya persyaratan "khusus" yang harus dipenuhi, yaitu skil Bahasa Jepang. Karena pada dasarnya, kuliah di perguruan tinggi di Jepang harus memakai Bahasa Jepang sebagai bahasa pengantar.

Nilai TOEFL-PBT minimal mencapai angka 550 atau TOEFL - CBT minimal 213 atau TOEFL - IBT minimal 79. Standar keahlian bahasa itu juga bisa dari Japanese Language Proficiency Test dengan angka minimal level 2.

Buat yang tertarik, formulir pendaftaran beasiswa masih bisa didapatkan di Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang, Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya, Medan, serta Makassar, atau mengunduhnya langsung di http://www.id.emb-japan.go.id.

Tetapi, khusus pengembalian formulirnya harus langsung ke Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang di Jl M.H. Thamrin No.24 Jakarta, kode pos 10350, di nomor 021 319 24308 ext. 175 dan 176. Jika lolos, penetapan penerima beasiswa akan ditentukan pada bulan Januari 2010 mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.