Sintawati, Pidatonya "Harumkan" Jepang

Kompas.com - 23/06/2009, 17:51 WIB
Editor

JAKARTA, KOMPAS.com — Sintawati, mahasiswi semester VI jurusan Sastra Jepang Universitas Dharma Persada (Unsada), menerima penghargaan dari pemerintah Jepang atas prestasinya meraih juara pertama lomba pidato bahasa Jepang tingkat internasional.

Penyerahan penghargaan disampaikan langsung oleh Duta Besar (Dubes) Jepang untuk Indonesia Kojiro Shiojiri, Selasa (23/6) di Universitas Dharma Persada, Jakarta. Penyerahan penghargaan itu dilakukan sebelum menyampaikan kuliah umum di hadapan para mahasiswa Unsada.

Dalam sambutannya, Kojiro Shiojiri dengan berbahasa Jepang mengatakan, pemberian penghargaan tersebut merupakan janji dari pemerintah Jepang terhadap seseorang yang sudah berprestasi, khususnya yang mengharumkan nama Jepang di tingkat internasional.

Di lomba tersebut, dari ratusan peserta yang mengikuti, sebanyak 13 mahasiswa asal Indonesia berhasil masuk babak final. Hasilnya, yang keluar sebagai juara adalah Sintawati, mahasiswi Unsada, yang mendapat nilai tertinggi dan berhak menjadi juara.

"Saat ini di Indonesia ada sebanyak 270.000 orang yang sedang belajar bahasa Jepang dan pihak pemerintah Jepang berterima kasih atas penghargaan tersebut," kata Kojiro Shiojiri.

Kemudian, pemerintah Jepang juga berjanji akan mendatangi ke-13 Universitas di Indonesia yang ikut mengembangkan bahasa Jepang. Kunjungan perdana Kedutaan Besar Jepang ke berbagai universitas di Indonesia adalah Universitas Dharma Persada.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.