Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Formulir Habis, Calon Peserta SNMPTN Gigit Jari

Kompas.com - 23/06/2009, 19:53 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Memasuki minggu keempat penjualan, sejumlah loket penukaran formulir Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2009 di Yogyakarta ditutup karena kehabisan formulir. Ratusan calon peserta yang sudah membayar terpaksa pulang tanpa mendapatkan formulir.

Kondisi ini menimbulkan kekecewaan bagi para calon peserta, terutama yang berasal dari luar DI Yogyakarta. "Tapi ya mau bagaimana lagi, terpaksa harus kembali pukul 08.00 besok pagi," kata Afry Arya Pratama (17) saat mengantre di loket pembayaran formulir IPS di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Senin (23/6).

Meskipun formulir sudah habis, pelajar asal Samba, Pontianak, Kalimatan Barat, yang berangkat dari rumah kerabatnya di Wedi, Klaten, Jawa Tengah, itu tetap membayar formulir di muka seharga Rp 150.000. Bukti pembayaran tersebut merupakan jaminan calon peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Nasional (SNMPTN) memperoleh formulir.

"Selain loket IPS di UNY, loket penukaran formulir Ilmu Pengetahuan Campuran (IPC) di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta pun terpaksa ditutup sejak pagi karena kehabisan formulir. Loket pembayaran masih tetap buka. Namun, para calon peserta kami harap kembali besok pagi untuk mengambil formulirnya," kata Rektor UNY Rohmad Wahab.

Selain kehabisan formulir IPS, persediaan fomulir IPA dan IPC di UNY juga semakin tipis. Dari total 2.440 formulir IPA dan 1.700 formulir IPS yang tersedia di UNY, pada Selasa siang, tinggal tersisa 700 formulir IPA dan 300 formulir IPS. Kondisi ini juga terjadi di UGM . Pada Selasa siang, jumlah formulir yang tersedia di UGM tinggal 90 lembar formulir IPS dan 70 lembar formulir IPA.

Formulir yang tersisa tersebut diperkirakan tidak dapat mencukupi kebutuhan hari itu mengingat ratusan calon peserta belum terlayani. Untuk mengatasinya, Panitia Lokal SNMPTN 2009 di UGM telah meminta tambahan sebanyak 1.500 formulir kepada Panitia Wilayah II di Semarang, Jawa Tengah. Adapun UNY meminta tambahan sebanyak 1.500 lembar.

Pelaksana Harian Panitia Lokal SNMPTN 2009 UGM, Senawi, mengatakan, kekurangan formulir SNMPTN 2009 ini disebabkan terbatasnya pasokan formulir dari Panitia Nasional SNMPTN 2009. Tahun 2009 ini, DI Yogyakarta hanya memperoleh tambahan 10 persen dari jumlah formulir tahun lalu. Padahal, jumlah mahasiswa baru di DI Yogyakarta tahun ini diperkirakan naik 35 persen.

Total jumlah formulir yang tersedia di Panitia Lokal DI Yogyakarta tahun ini adalah 19.120 lembar, terdiri dari 7.250 formulir IPA, 8.250 formulir IPS, dan 3.650 formulir IPC. Adapun jumlah kursi yang tersedia 4.216 di tiga perguruan tinggi negeri yaitu UNY, UGM, dan Universitas Islam Negeri Yogyakarta Sunan Kalijaga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com