Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Formulir Unej Habis

Kompas.com - 24/06/2009, 13:27 WIB

JEMBER, KOMPAS - Panitia lokal pendaftaran seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri di Universitas Jember kehabisan formulir. Supaya calon mahasiswa tidak kebingungan, panitia lokal telah menugaskan anggotanya untuk mengambil formulir ke panitia induk wilayah III di Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

Humas Universitas Jember Budi Hariyanto di kampus Tegalboto Universitas Jember, Selasa (23/6) mengungkapkan, untuk pendaftaran yang akan ditutup hingga akhir pekan ini, panitia menyediakan sebanyak 6.900 lembar formulir. Ini terdiri dari 2.160 lembar formulir Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), 2.300 lembar jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), dan 2.440 lembar Ilmu Pengetahuan Campuran (IPC).

"Formulir pendaftaran yang habis adalah jurusan IPA sehingga kami menugaskan anggota panitia untuk mengambil sebanyak 200 lembar lagi ke panitia wilayah," kata Budi Hariyanto.

Untuk formulir jenis lainnya, kata Budi Hariyanto, masih tersedia dan diperkirakan cukup untuk mengantisipasi pendaftar hingga akhir pekan nanti. Sampai Selasa (23/6) siang, untuk jurusan IPA yang laku terjual sebanyak 2.159 lembar atau tinggal satu lembar karena formulir yang tersisa itu rusak sehingga tidak bisa digunakan.

Sedang jurusan IPS laku terjual sebanyak 2.192 lembar atau tersisa 108 lembar dan jurusan IPC laku terjual sebanyak 1.818 lembar atau tersisa 582 formulir. "Pengalaman tahun lalu, permintaan untuk jurusan IPC paling banyak sehingga tahun ini disediakan lebih banyak dari yang lain," tutur Budi.

Minat calon mahasiswa untuk masuk ke jurusan IPA tahun ini lebih banyak dibanding tahun lalu. Oleh sebab itu, panitia lokal berharap persediaan di kordinator panitia lokal wilayah III di ITS masih cukup.

Jika persediaan formulir di ITS habis, calon mahasiswa bisa mendaftar lewat sejumlah perguruan tinggi negeri di wilayah III, antara lain di Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. (SIR)

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com