Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PSB Online Bermasalah, Kembali Manual Sajalah....

Kompas.com - 24/06/2009, 16:31 WIB

SIDOARJO, KOMPAS.com - Pendaftaran penerimaan siswa baru (PSB) di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, akhirnya menggunakan cara manual, menyusul masih adanya permasalahan dengan sistem Penerimaan Siswa Baru (PSB) online.

Kepala Dinas Pendidikan (Dikab) Sidoarjo, M.G. Hadi Sutjipto, Rabu (24/6), mengatakan, untuk sementara PSB online belum bisa dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan (Dikab) Sidoarjo. Sistem tersebut saat ini hanya digunakan pemilihan sekolah dan pengumuman siswa baru saja.

"Mulai hari ini hingga Jumat (26/6) siswa bisa mengambil formulir PSB di sekolah terdekat. Setelah diisi lengkap, formulirnya harus dikumpulkan ke sekolah terdekat, termasuk melampirkan nilai UN atau ujian akhir sekolah berstandar nasional," ujar Hadi.

Hadi mengemukakan, setelah mengembalikan formulir, peserta akan mendapatkan nomor untuk mengikuti ujian yang rencananya akan dilaksanakan pada Selasa (30/6) mendatang.

"Setiap siswa bisa mengikuti ujian di mana saja, tidak wajib tes di sekolah pilihannya," katanya.

Setelah hasil tes PSB diumumkan dan dibagikan, siswa selanjutnya bisa menentukan sekolah tujuan. Siswa bisa menentukan maksimal dua sekolah yang dikehendaki. Dari sekolah itulah, lanjut Sutjipto, pihak sekolah memasukkannya ke database PSB dan masuk ke dalam laman PSB online di www.psbsidoarjo.net.

"Sejak itu, pergeseran nilai siswa bisa dilihat melalui internet," katanya.

Hadi melanjutkan, nilai siswa yang tercantum dalam internet sudah dikunci, sehingga diyakinkan aman. PSB on-line tersebut, ujarnya, akan dipusatkan pada dua tempat, yaitu di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo dan Information Communication Technology (ICT) Center di SMK PAL Sidoarjo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com