Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tujuh Program Studi di Unmul Sepi Peminat

Kompas.com - 25/06/2009, 17:21 WIB

SAMARINDA, KOMPAS.com - Sebanyak 7 dari 41 program studi di Universitas Mulawarman (Unmul), Samarinda, Kalimantan Timur, dipilih oleh paling banyak 5 calon mahasiswa dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2009 ini.

Demikian hal itu terungkap lewat rekapitulasi sementara SNMPTN di Unmul, Samarinda, Kamis (25/6). Seleksi sementara itu sukses menjaring 2.859 calon mahasiswa sejak dimulai pada Selasa (16/6) lalu dan akan berakhir Sabtu (27/6).

Rekapitulasi mencerminkan jumlah calon mahasiswa yang memilih suatu program studi (prodi) sebagai pilihan utama berkuliah di Unmul. Prodi yang belum mendapat peminat ialah Sosial Ekonomi Perikanan. Teknik Industri diminati satu orang, Budidaya Perairan dipilih oleh dua orang, sementara tiga orang berminat ke Manajemen Sumber Daya Perikanan dan Fisika. Empat orang memilih Administrasi Niaga, sedangkan lima orang berminat ke Pendidikan Anak Usia Dini.

Untuk sementara, prodi yang paling diminati ialah Pendidikan Bahasa Inggris dengan 279 pemilih. Ilmu Komputer mengikuti dengan jumlah peminat 196 orang. Di urutan ketiga prodi Manajemen, dengan jumlah 186 pemilih.

Kondisi itu, menurut Pembantu Rektor I Maman Sutisna, bukan sesuatu yang mengherankan. Pendidikan Bahasa Inggris, Ilmu Komputer, serta Manajemen diminati sebab dinilai para sarjananya sedang diperlukan oleh dunia kerja.

"Kalau ditelusuri prodi-prodi yang kurang diminati itu juga besar peluang kerjanya," kata Maman, yang juga Guru Besar Silvikultur di Fakultas Kehutanan Unmul.

Namun begitu, pengelola kampus tidak akan semerta-merta menutup prodi yang kurang diminati. Maman mengatakan, mungkin tujuh prodi yang tidak populer itu akan menjadi pilihan utama di masa mendatang.

"Populer atau tidaknya program studi adalah gambaran persepsi masyarakat terhadap cabang keilmuan yang sedang tren," kata Maman.

Misalnya, lanjut Maman, pada periode 1970-an kelompok prodi IPS seperti Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan dan Manajemen menjadi primadona. Namun, periode 1980, kelompok prodi IPA seperti Kehutanan dan Teknik justru digandrungi.

Humas Unmul Mulyadi menambahkan, setiap fakultas telah mengadakan sosialisasi ke SMA-SMA di Kabupaten/Kota. Upaya itu bertujuan agar prodi-prodi di fakultas tetap dipandang penting bagi masyarakat, terutama calon mahasiswa.

Mulyadi mengatakan, kampus akan melaksanakan semacam diskusi dengan para calon mahasiswa SNMPTN gelombang II. Saat itu, mahasiswa akan dibujuk untuk memilih prodi lainnya yang kurang peminat.

Tahun 2009 Unmul akan menerima 3.470 mahasiswa lewat jalur SNMPTN. Setiap tahun, kampus ini menerima 5.000 mahasiswa. Sebanyak 1.530 mahasiswa baru akan diterima lewat jalur pencarian bibit unggul dan seleksi mandiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com