Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arista dan Yohanes Raih Juara Olimpiade Sains Kuark 2009!

Kompas.com - 29/06/2009, 18:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Olimpiade Sains Kuark (OSK) 2009 usai sudah dengan berlangsungnya babak final pada Sabtu (27/6) di Jakarta. Dari tiga kategori yang dikompetisikan, hanya Level I dan II yang berhasil memeroleh juara.

Keluar sebagai juara pertama di Level I (Kelas I - II SD) adalah Arista surya Dharma dari SD Karya Yosef, Pontianak. Sementara itu, juara pertama di Level II (Kelas III - IV SD) adalah Yohanes Suhardjo dari SD YPPI 2 Surabaya.

"Sedangkan untuk Level III untuk kelas V dan VI tidak ada yang mencapai range nilai yang dibutuhkan," ujar Aldarani Yuniar, panitia penyelenggara, di sela kegiatan kompetisi di Indonesia Banking School, Jakarta, Sabtu (27/6).

Aldarani mengatakan, babak final tersebut diikuti oleh 297 siswa SD yang berasal dari 25 provinsi. Sebelumnya, para finalis tersebut telah berhasil menyisihkan sebanyak 58.500 siswa pada babak penyisihan yang dilaksanakan Februari 2009 lalu.

Sementara itu, dalam kunjungannya ke babak final OSK 2009, Prof. Yohannes Surya menyatakan kegembiraannya menyaksikan tingginya animo anak-anak dan para orang tua yang mendampingi para finalis.

"Tentu luar biasa jika setiap tahun bisa seperti ini, semakin banyak anak-anak yang mau ikut berkompetisi akan semakin memacu kemauan dan kemampuan mereka mengasah sains, sehingga di masa mendatang Indonesia akan memiliki banyak ilmuwan yang siap mendedikasikannya bagi bangsa kita," ujar Rektor Universitas Multimedia Nusantara itu.

Rencananya, penyelenggaraan OSK 2010 juga tengah dipersiapkan. Menurut Aldarani, pendaftaran peserta untuk penyelenggaraan OSK keempat kalinya itu akan dibuka pada Oktober 2009 mendatang.

"Dan kami berharap bisa menjaring hingga 100.000 peserta dari seluruh Indonesia," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com