Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ujian Paket C di Semarang, 174 Siswa Tidak Hadir

Kompas.com - 01/07/2009, 22:14 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Dari 1.266 peserta yang terdaftar, sebanyak 174 siswa tidak hadir pada hari pertama pelaksanaan ujian paket C di Kota Semarang, Rabu (1/7). Kebanyakan peserta yang tidak hadir berasal dari peserta reguler yang telah bekerja.

Kepala Bidang Pendidikan Non Formal dan Informal Dinas Pendidikan Kota Semarang Purwandi mengatakan, dari 1.266 siswa yang terdaftar untuk mengikuti ujian paket C terbagi atas 740 peserta reguler yang berasal dari pusat kegiatan belajar mengajar (PKBM) dan 526 peserta eks-formal berasal dari siswa SMA yang tidak lulus dalam ujian nasional.

"Dari 174 peserta yang tidak hadir, 120 di antaranya merupakan peserta reguler dan 54 siswa merupakan peserta eks-formal. Kebanyakan yang tidak masuk karena terbentur masalah pekerjaan," ucapnya.

Menurut Purwandi, terdapat tujuh mata pelajaran yang diujikan kepada peserta ujian paket C, yaitu mata pelajaran yang diujikan dalam UN ditambah Pendidikan Kewarganegaraan. Peserta yang tidak mengikuti salah satu mata pelajaran yang diujikan dinyatakan mengundurkan diri. "Yang sekarang tidak hadir diharapkan untuk mengikuti ujian serupa pada gelombang ke-2, November nanti," ujarnya.

Setelah sempat ditunda selama seminggu, pelaksanaan ujian paket C ini dipusatkan di SMA 1 Semarang untuk peserta reguler dan SMA 5 Kota Semarang untuk peserta eks-formal.

Meneruskan kuliah 
Hartati (21), salah satu peserta ujian paket C, mengaku kesulitan dalam memperoleh izin dari atasannya untuk mengikuti ujian paket C. Pasalnya, pengunduran jadwal pelaksanaan ujian sempat membuat orangtuanya krisis kepercayaan.

Daryanto (25), peserta ujian paket C, mengaku tidak mempersiapkan diri secara khusus untuk mengikuti ujian Paket C. Namun, dia optimistis bisa lulus.

Belajarnya ketika memanfaatkan masa senggang saja, terutama di luar jam kerja, ujar Daryanto yang bekerja sebagai pengemudi pada sebuah lembaga perbankan di Demak. Dengan selesai mengikuti ujian paket C, Daryanto dan Hartati berharap dapat meneruskan ke tingkat perguruan tinggi.

Koordinator Ujian Paket C di SMA 1 Semarang Akhmad Juri mengakui, masih terdapat siswa yang datang terlambat dalam mengikuti ujian ini. Hal ini karena peserta masih minim informasi dari PKBM. Selain ujian paket C, sebanyak 1.631 peserta ujian paket B dan 142 siswa ujian paket A juga mengikuti ujian kesetaraan pada Rabu ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com