Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Doktor HC untuk Emil Salim

Kompas.com - 04/07/2009, 10:52 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com — Mantan Menteri Lingkungan Hidup pada masa Orde Baru, Emil Salim, dianugerahi gelar doktor kehormatan oleh Institut Teknologi Bandung, Sabtu (4/7).

Dia adalah penerima HC keenam sepanjang sejarah berdirinya ITB sejak 89 tahun lalu. Penganugerahan ini dilakukan dalam sidang terbuka ITB, bertepatan dengan peringatan 89 Tahun ITB sebagai pendidikan tinggi teknik di Indonesia.

Emil Salim yang kini berusia 79 tahun menyampaikan orasi bertajuk "Teknologi dalam Pembangunan Berkelanjutan". Ia menyampaikan bahwa saat ini terjadi kecenderungan masyarakat begitu gencar mengikuti dampak konsumerisme global, dan meninggalkan jejak ekologi.

Perkembangan pola hidup semacam ini tidak mengindahkan daya dukung sumber daya dan daya tampung pencemaran lingkungan. Akibatnya, prinsip-prinsip pencemaran lingkungan terabaikan. Jika tren pembangunan semacam ini terus dilanjutkan, maka ekosistem akan rusak dan tidak berfungsi.

Karena itulah, sangat penting mengubah pola pembangunan konvensional dengan pembangunan berkelanjutan yang selaras dengan prinsip-prinsip lingkungan. Ia menyadari, persoalan ini tidak mudah.

Salah satunya, kenyataan bahwa persoalan lingkungan kerap tersuboordinasi oleh kepentingan ekonomi, apalagi politik.

"Ketika debat presiden, kita tidak mendengar ada calon yang menyinggung soal lingkungan hidup. Ini bisa disadari mengingat siklus politik lebih pendek," ucap mantan guru besar FE Universitas Indonesia ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com