Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Buku SBY Disebar Gratis

Kompas.com - 04/07/2009, 12:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Puluhan kader dan simpatisan capres-cawapres SBY-Boediono berebut buku karya juru bicara Kepresidenan Dino Patti Djalal, Jakarta, Sabtu (4/7).

Ribuan, atau mungkin puluhan ribu, buku tentang SBY itu berjudul Harus Bisa Jilid I dan II dan Energi Positif, karya 100 tokoh Indonesia.

Buku-buku ini dibagi-bagikan secara gratis di acara Kampanye Akbar pasangan Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono, Sabtu di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Sampul depan dan belakang ketiga buku tersebut berhiaskan wajah SBY. Pada buku berjudul Harus Bisa, Dino, yang juga mantan diplomat senior Departemen Luar Negeri, menceritakan kisah sukses kepemimpinan SBY semasa menjabat sebagai Presiden RI. Sementara itu, Energi Positif, setebal lebih dari 400 halaman, ditulis oleh 100 tokoh nasional dan internasional, seperti Faisal Basri hingga Ramos Horta dan Lee Myung-bak.

Kendati buku-buku tersebut tergolong "berat", tak pelak para kader dan simpatisan berebutan mengambil buku tersebut. Mulai dari anak kecil, ibu-ibu pengajian, pasukan pengamanan internal partai, tukang tahu Sumedang, hingga penjaja minuman keliling mencomot buku tersebut.

Entah buat apa, banyak di antara mereka langsung memboyong satu kardus buku. Yang lainnya memasukkan buku-buku tersebut ke dalam kantong plastik kresek atau tas.

"Lumayan, gue jual goceng (Rp 5.000) nanti. Ha-ha-ha...," kata seorang remaja kepada temannya. Saat ini, ribuan buku masih teronggok di beberapa pintu masuk tanpa penjagaan petugas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com