Olenka Diluncurkan Kembali - Kompas.com

Olenka Diluncurkan Kembali

Kompas.com - 05/07/2009, 20:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Balai Pustaka kembali mencetak dan meluncurkan novel berjudul Olenka karya Budi Darma. Buku yang telah memasuki cetak kesembilan tersebut menunggu lebih dari satu dekade sebelum akhirnya dicetak lagi. Buku tersebut merupakan salah satu karya sastra besar Indonesia.

Peluncuran kembali buku itu ditandai dengan diskusi bertajuk Membaca Kepengarangan Budi Darma Melalui Olenka dalam acara Pesta Buku Jakarta 2009, Minggu (5/7).

Pengamat sastra Maman S Mahayana dalam diskusi tersebut mengatakan, dalam Olenka, Budi Darma lewat tokoh-tokohnya seperti he ndak merepresentasikan kegamangan manusia moderen dengan berbagai paradoksnya ketika kehidupan sering menciptakan peristiwa-peristiwa tak terduga.

Olenka juga dapat dipandang sebagai usaha Budi Darma dalam memancangkan tonggak estetika yang berbeda dengan karya-karya lainnya. Olenka yang ditulis hanya dalam waktu tiga minggu pada tahun 1979 menjadi pemenang pertama Sayembara Mengarang Roman Dewan Kesenian Jakarta pada tahun 1980. Karya itu lalu diterbitkan Balai Pustaka tahun 1983.


Editor

Terkini Lainnya


Close Ads X